Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mendidik Anak Jadi Hafidz Quran Sejak Dalam Kandungan

6 Cara Mendidik Anak Jadi Hafidz Quran Sejak Dalam Kandungan
Images: Pixabay
Kitab suci Al-qur'an merupakan pedoman hidup umat islam, makna dan kemulian yang tertulis didalamnya sudah tidak perlu dipertanyakan. Jangankan mengamalkan, membaca dan mengamati huruf demi huruf yang tertulis didalamnya akan mampu mendatangkan pahala yang berlimpah-limpah.

Maka dari itu tidak heran jika banyak dari orang tua yang menginginkan anaknya untuk menjadi hafidz qur'an, tidak hanya kebanggaan didunia tapi juga kebanggaan sampai ke akhirat kelak. 

Meski bukan perkara yang mudah, berikut ini cara mendidik anak agar jadi hafidz qur'an sejak dini:

1. Didik Sejak Dalam Kandungan

Memimpikan anak penghafal A-qur'an memang butuh perjuangan yang ekstra, dimana orang tua harus mendidik calon hafidz qur'an sejak masih dalam kandungan, misalkan dengan sering baca Al-qur'an atau usahan didengarkan lantunan ayat suci Al-qur'an setiap saat.

Sebab, janin yang masih berada dalam kandungan sudah mengalami perkembangan otak juga terlinga, dan mereka akan menyimpan memori yang mereka dengar sejak dalam kandungan sampai nanti ia lahir kemuka bumi ini. 

2. Beri Nafkah yang Halal

Agar anak tumbuh sesuai dengan apa yang diharapkan, maka perlu dipastikan dengan cermat apa yang masuk kedalam tubuh sebagai asupan, yakni halal tidaknya harus menjadi pertimbangan yang utama. Karena nafkah yang tidak halal akan membuat keinginan susah untuk terwujud dan doa mustahil untuk dikabukan.

''Wahai, Sa'ad. Perbaikilah makananmu, makanlah dari makanan yang baik-baik, niscaya kamu akan menjadi orang yang mustajab doanya.'' (HR Thabrani).

3. Biasakan Anak Bicara Dengan Kalimat Al-qur'an

Anak kecil itu adalah pengikut paling ulung, mereka cenderung mudah mengikuti apa yang sering mereka liat dan dengarkan. Maka dari itu, sebagai orang tua yang bercita-cita punya anak hafidz qur'an hendaklah untuk berinteraksi dengan mereka menggunakan kalimat Al-qur'an. 

Tidak harus yang susah-susah, bisa dimulai dari yang gampang dulu seperti Bismillah, tasbih, tahmid dan juga takbir. Bacaan ini cukup gampang untuk dimengerti oleh anak seusia mereka. 

4. Jadi Contoh yang Baik

Mungkin pernah dengar ''Buah jatuh tak jauh dari pohonnya'' kata itu ada benarnya juga karena anak adalah cerminan orang tua, apa yang mereka lakukan sedikit banyaknya karena mencontoh orang tua atau lingkungan sekitar.  

Untuk itu, agar lebih mudah mendidik anak-anak sesuai dengan apa yang kita harapkan, hendaklah menjadi contoh yang baik untuk mereka, contoh teladan yang layak untuk diikuti. Jangan hanya bisa menyuruh melainkan tunjukkan secara langsung dan biarkan naluri mereka mengikuti

5. Ajari Istiqomah

Ajari anak untuk istiqomah pada apa yang sedang ditekuni, karena belajar apalagi menghafal Al-qur'an itu butuh konsisten dan perlu diulang-ulang. 

Jika setiap hari biasa menghafal beberapa huruf lakukan itu dengan istiqomah, dan terus tambah jika dirasa sudah cukup mampu menghafal lebih banyak. 

6. Beri Mereka Hadiah 

Cara ini cukup efektif agar anak lebih giat dalam melakukan sesuatu, termasuk ketika sedang menghafal Al-qur'an. Dengan memberi hadiah akan membuat mereka lebih mencintai hal yang sedang dilakukan, dan tidak merasa terbebani. 

Post a Comment for "6 Cara Mendidik Anak Jadi Hafidz Quran Sejak Dalam Kandungan"