Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Akan Rugi, Ini 5 Keutamaan dan Manfaat Nikah Muda Menurut Islam

Tidak Akan Rugi, Ini 5 Keutamaan dan Manfaat Nikah Muda Menurut Islam
Images: unsplash.com
Menikah muda masih menjadi hal menakutkan bagi sebagian orang. Takut cerai, takut gak bisa melewati ujian dan berbagai macam ketakutan lainnya. Itulah kenapa muncul sebuah keharusan bahwa menikah harus diumur yang sudah benar-benar matang.

Namun menikah muda itu tidak selamanya buruk, karena kuat tidaknya menjalani biduk rumah tangga bukan diukur dari seberapa banyak angka usiamu, tapi tentang pola pikir dan cara kamu dalam menyikapinya. Nikah umur matangpun belum tentu bisa melewati ujian yang akan timbul nantinya.

Tua itu pasti, tapi dewasa itu pilihan. Itu berarti pola pikir yang dewasa tidak ditentukan oleh usia. Untuk itu, jika dirasa sudah mampu jangan takut nikah muda, karena akan banyak manfaat dan pelajaran yang akan kamu dapat nantinya. Berikut manfaat nikah muda menurut agama islam.

1. Pahala Berlipat Ganda

Ibadah terlama adalah menikah, maka carilah pasangan yang bisa kamu ajak membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warohmah. Orang yang sudah menikah jangankan melakukan ibadah khusus, menyentuh dan bercanda dengan pasangan juga dihitung sebagai ibadah. Untuk itu, segerakanlah agar Allah senantiasa melipat gandakan pahalamu.

2. Menghindari Dosa Pacaran

Apapun alasannya yang namanya pacaran dalam islam tetap tidak diperbolehkan. Sebab jaman sekarang saling mengenal sering dijadikan alasan untuk berdua-duaan dengan lawan jenis yang pada akhirnya berujung zina. 

Dengan menikah kamu sudah menghindari salah satu dosa yang paling dibenci Allah. Nikah aja dulu, pacaran setelah halal itu jauh lebih nikmat.

3. Keromantisan Lebih Kuat

Ketika masih muda hasrat cinta dan mencintai juga terbilang tinggi, ini akan semakin menambah keromantisan dalah rumah tangga nantinya. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Tidak ada keromantisan yang lebih indah bagi dua orang yang saling mencinta selain menikah.'' (HR. Ibnu Majah, Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi)

4. Melatih Kedewasaan

Dalam rumah tangga memang tidak semua serba indah, sedikit banyaknya pasti akan ada berbagai macam cobaan yang akan menguji seberapa kuat kamu dengan pasangan bertahan. Ini memang tidak mudah, tapi kamu juga akan banyak belajar mendewasa dari setiap kejadian yang kamu alami. 

Sebab, ada pelajatan hidup yang tidak bisa dipahami hanya dengan teori tanpa terjun langsung kedalamnya. 

5. Lebih Energik

Tidak bisa dipungkiri, orang yang nikah muda jauh lebih energik daripada yang nikah udah berumur. Energik dalam bekerja, membangun mimpi dan merencanakan masa depan bersama-sama dengan pasangan.

Ini tentu menjadi nilai plus dalam mengarungi bahtera dalam rumah tangga, dimana antara pasangan sama-sama berjuang.

Itulah beberapa manfaat nikah muda. Namun, kembali lagi pada diri masing-masing karena setiap rumah tangga punya jalan yang berbeda-beda dan ujiannya juga tidak sama. Awali dengan bismillah, karena sesuatu yang diawali dengan niat baik jalannya juga akan lebih mudah.

Post a Comment for "Tidak Akan Rugi, Ini 5 Keutamaan dan Manfaat Nikah Muda Menurut Islam"