Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Dandanan Muslimah yang Dilarang Dalam Islam, Sesuai Dengan Hadist

5 Jenis Dandanan Muslimah yang Dilarang Dalam Islam, Sesuai Dengan Hadist
Images: Pixabay
Apapun suku dan agamanya setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik dan menarik, untuk itu tidak jarang dari mereka yang sengaja merogoh kocek dalam-dalam demi memiliki penampilan yang sempurna. Seperti halnya dandan, perawatan bahkan operasi plastik juga rela dilakukan. 

Namun, sebagai orang islam kita masih punya batasan-batasan dan adab dalam berdandan. Bahkan ada jenis dandanan yang justru diharamkan dalam islam, alih-alih ingin tampil cantik dandanan berikut ini justru mengundang murka Allah.

1. Mengundang Syahwat

Berdandanlah sewajarnya tanpa bermaksud memikat lawan jenis, sebab dandanan yang mengundang syahwat laki-laki hanya akan membahayakan kehormatan bahkan keselamatan diri. Selain itu, dandan yang mengundang syahwat juga diharamkan dalam islam.

''Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, serta istri-istri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka keseluruh badan mereka. Yang demikin itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal, hingga mereka tidak diganggu/disakiti. Serta Allah yaitu maha pengampun lagi maha penyayang.'' (Al-Ahzaab: 59)

2. Menyerupai Laki-laki

Meski tidak ada larangan khusus bagi muslimah untuk berdandan, namun dalam islam masih ada batasan-batasan, dimana wanita tidak boleh berdandan menyerupai laki-laki begitupun sebaliknya. 

Rasulullah SAW bersabda, ''Allah melaknat para perempuan yang menyerupai laki-laki, dan para lelaki yang menyerupai perempuan.''

3. Menggunakan Parfum

Parfum yang kamu gunakan saat keluar rumah sangat berpotensi mengundang syahwat laki-laki yang bukan mahram. Maka dari itu islam melarang bagi wanita muslimah untuk mengunakan parfum atau wangi-wangian kecuali dipakai untuk menyenangkan suami dirumah.

''Siapapun wanita yang menggunakan minyak wangi (wewangian), lalu berjalan melewati sekelompok kaum agar mereka dapat mencium bau wanginya, maka wanita itu adalah pezina,'' (HR An-Nasa'i).

4. Menyambung Rambut

Banyak wanita muslimah yang mengabaikan larangan yang satu ini, dimana mereka merasa tidak percaya diri dengan rambutnya sehingga dengan sengaja menyambung rambut. Padahal dalam islam itu dianggap mengubah ciptaan Allah. 

Rasulullah SAW bersabda, ''Allah melaknat wanita yang menyambung rambut serta meminta disambungkan rambutnya,'' (HR. Al-Jami' ash-Shaghir)

5. Mencabut Alis dan Bertato

Meskipun terlihat keren, mentato bagian tubuh dan mencukur alir juga termasuk perbuatan yang dilarang dalam islam. 

Rasulullah SAW bersabda, ''Allah melaknat wanita yang bikin tato serta memohon untuk ditato, yang mencabut bulu alis serta meminta dicabut, yang merenggangkan gigi serta memperindahnya, dan wanita-wanita yang merubah ciptaan Allah.'' (HR. Al-Jami ash-Shaghir)

Itulah beberana jenis dandanan yang dilarang dalam islam. Jangan sampai demi tampil cantik sampai harus mengabaikan batasan-batasan yang sudah dibuat oleh Allah.

Post a Comment for "5 Jenis Dandanan Muslimah yang Dilarang Dalam Islam, Sesuai Dengan Hadist"