Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahala dan Ancaman Dibulan Suci Ramadhan

Pahala dan Ancaman Dibulan Suci Ramadhan
Images: Pixabay
Puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap insan yang beragama islam, tidak ada tawar menawar yang bisa dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan puasa karena puasa Ramadhan termasuk dalam urutan rukun islam yang tidak boleh dilewatkan. 

Nabi SAW bersabda: ''Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. (HR Ahmad).

Dari hadist diatas bisa disimpulkan bahwa bulan Ramadhan menyimpan banyak keistimewaan. Selain itu, dibulan suci Ramadhan Tuhan sudah memberi janji pada masing-masing hambanya. Pahala bagi yang melaksanakan dan azab bagi siapa saja yang sengaja meninggalkan. 

Ada hadist mengatakan: 

مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ ، مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَلاَ مَرَضٍ لَمْ يَقْضِهِ صِيَامُ الدَّهْرِ ، وَإِنْ صَامَهُ

''Barangsiapa berbuka di siang hari bulan Ramadhan tanpa ada udzur (alasan) dan bukan pula karena sakit, maka perbuatan semacam ini tidak bisa digantikan dengan puasa setahun penuh, jika dia memang mampu melakukannya.'' (HR. Abu Daud No 2396)

Semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang lalai dalam menjalani Ramadhan. 

Post a Comment for "Pahala dan Ancaman Dibulan Suci Ramadhan"