Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Balasan Bagi Orang yang Berbuat Baik Menurut Islam, Beserta Hadistnya

7 Balasan Bagi Orang yang Berbuat Baik Menurut Islam, Beserta Hadistnya
Images: pxfuel.com
Teruslah berbuat baik meski kamu tidak diperlakukan dengan baik, kata itu memang ada benarnya juga. Sebab tidak ada kebaikan yang sia-sia, semua hal yang kita lakukan dalam hidup ini pada akhirnya akan kembali pada diri kita sendiri. dan setiap perbuatan akan menerima balasan masing-masing. Itulah hukum alam yang berlaku. 

Jika kamu menabur kebaikan maka yang akan kamu terima juga berupa kebaikan, begitupun sebaliknya. Untuk itu, tidak usah takut rugi jika ingin berbuat baik. Berikut ini balasan istimewa bagi orang yang berbuat baik yang bisa kamu jadikan motivasi untuk selalu berbuat baik pada sesama.

1. Dicintai Allah

Orang yang sering berbuat baik akan senantiasa dicintai Allah SWT. Dicintai Allah adalah puncak dari anugerah terindah bagi para insan yang beriman. Sebab, tidak semua orang bisa mendapatkan cinta dari yang maha kuasa. 

''Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.'' QS. Al-Baqarah: 195

2. Mendapatkan Kebaikan

Siapa yang menabur dialah yang akan menuai, pribahasa itu memang bukan hanya omong kosong belaka. Karena apapun yang kamu lakukan pada orang lain, seperti itu juga yang akan kamu dapatkan. Menabur padi akan panen padi, menabur angin akan menuai badai, dan manabur kebaikan, maka kebaikan pulalah yang akan kamu terima. 

Allah berfirman: ''Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)''. QS.Ar-Rahman: 60

3. Tidak Akan Rugi

Ada titik dimana seseorang akan kecewa dan merasa rugi karena telah berbuat baik, merasa kecewa karena kebaikannya disia-siakan. Tenang, tidak akan ada perbuatan baik yang sia-sia. 

Tetaplah berbuat baik sekalipun kamu tidak diperlakukan dengan baik. Percayalah, jika manusia tidak mampu membalas kebaikanmu Allah sendiri yang akan terun tangan untuk memberi hadiah yang indah. 

4. Balasan Istimewa

Tidak ada perbuatan baik yang sia-sia, sekecil apapun pasti mendapat balasan. Mungkin tidak secara langsung saat kamu mengulurkan tangan membantu orang lain, tapi balasan itu pasti ada. Untuk itu, jangan anggap remeh meskipun sepele, Allah akan menghitung dan menyiapkan balasan. 

''Barangsiapa yang berbuat kebaikan (sebesar biji dzarrah), niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa yang berbuat kejahatan (sebesar bji dzarrah), niscaya dia akan melihat (balasan) nya''. (QS-Az-

5. Mendapat Rahmat Allah

Rahmat Allah senantiasa mengiringi langkah orang-orang yang gemar melakukan kebaikan, mereka tidak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga saudaranya. 

''Sesungguhnya rahhmad Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik'' . QS. Al-A'raf: 56

6. Dihapusnya Dosa-dosa

Setiap manusia pasti tidak akan luput dari yang namanya salah dan dosa, itu wajar dan manusiawi. Dan sebaik-baiknya orang pendosa dialah yang mau mohon ampunan Allah. dan senantiasa menabur kebaikan pada sesama. 

Dalam salah satu ayat dijelaskan: ''Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah pengingat bagi orang-orang yang ingat'' (QS. Huud: 114)

7. Ganti Berlipat Ganda

Seperti halnya sedekah Allah akan melipat gandakan pahala bagi orang-orang yang berbuat baik. Ini membuktikan bahwa Allah tidak main-main dengan janjinya untuk orang-orang baik.

''Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah ialah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujud bulir, Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia-Nya lagi mengetahui''. 

Post a Comment for "7 Balasan Bagi Orang yang Berbuat Baik Menurut Islam, Beserta Hadistnya"