Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Balasan Bagi Orang yang Rajin Membaca dan Mengamalkan Alquran

7 Balasan Bagi Orang yang Rajin Membaca dan Mengamalkan Alquran
Images: Pixabay
Al-qur'an adalah kitab suci utama agama islam yang diturunkan oleh Tuhan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Kitab suci Al-qur'an tidak hanya sebagai pedoman umat islam, tapi juga memberikan berbagai macam manfaat bagi mereka yang membaca dan mengamalkannya. 

''Seseorang yang lancar membaca Al-qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-qur'an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut baginya dua pahala.'' (HR.Muslim).

Berikut Balasan Istimewa Bagi Orang Yang Rajin Membaca Al-qur'an dan mengamalkannya

Seperti yang tertulis dalam berbagai hadist banyak sekali manfaat luar biasa bagi hamba yang mengamalkan kitab suci Al-qur'an. Berikut diantaranya:

1. Diangkatnya Derajat Orang Tuanya 

Allah akan memberikan pahala yang berlimpah-limpah bagi hamba yang rajin mengamalkan dan membaca Al-quran. Salah satu pahalanya ialah dengan diangkatnya derajat orang tua yang sangat kita sayangi.  

Sebagaimana sabda Nabi SAW: ''Siapa saja yang membaca Al-qur'an, mempelajari dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya hari kiamat, mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari. Dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ''bagaimana dipakaian kepada kami semuanya itu? 'Dijawab, 'karena anakmu telah membawa Al-qur'an. '' (HR Al-Hakim)

2. Memberi Ketenangan Hati

Merasa hidup kacau dan pikiran tidak tenang? mungkin dengan baca Al-qur'an ketenangan qolbu itu bisa kamu dapatkan. Sebab, hanya orang-orang yang menyebut dan selalu mengingat Allah saja yang mendapat ketenangan hati. 

Sesuai dengan firman Allah dalam surat Ara-ra'd pada ayat 28: ''Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tentram jika selalu ingat dengan Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya hatimu menjadi tenteram.''

3. Memberi Syafa'at Diakhirat

Selain memberi ketenangan hati, orang yang rajin baca Al-qur'an juga akan dapat manfaat berupa syafa'at diakhirat kelak. 

Nabi SAW bersabda: ''Puasa dan Al-qur'an, keduanya akan memberi syafa'at kepada seorang hamba pada hari kiamat...'' (HR Ahmad dan Al-Hakim).

4. Rumah Dihadiri Malaikat

Para malaikat akan senang memasuki rumah yang sering dibacakan Al-qur'an oleh para penghuninya. Ini merupakan anugerah terindah, karena itu menandakan rumah tersebut penuh berkah dan jauh dari segala bentuk kemaksiatan.

Berdasarkan hadist riwayat Ibnu Sirin, Rasulullah SAW bersabda: ''Sesungguhnya, rumah yang didalamnya dibacakan Al-qur'an maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan meninggalkannya. Sebaliknya, rumah yang tidak dibacakan Al-qur'an, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan setan-setan mendekatinya.''

5. Hati yang Bercahaya

Allah akan senantiasa memberikan cahaya pada hati seorang hamba yang rajin baca Al-qu'an, dimana cahaya itu akan menjadi penerang dihari kiamat kelak. 

Diriwatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: ''Siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Ta'ala (Alqur'an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya dihari kiamat.''

6. Membersihkan Hati

Tidak hanya besi, hati juga perlu dijaga agar tidak berkarat. Sebab, hati adalah inti dari setiap perilaku manusia. Jika hatinya buruk maka tingkah laku juga ikut buruk begitupun sebaliknya. 

Seperti hadits yang menyatakan: ''Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.'' Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasululah SAW mengatakan'' Percayalah..dengan membaca Al-qur'an.'' Jawabnya.

7. Dapat Kedudukan Tinggi Disurga

Surga adalah hadiah terindah dari Allah bagi hamba-hamba yang taat, untuk itu banyak orang berlomba-lomba melakukan berbagai macam kebaikan demi menjadi salah satu penghuni surga yang telah Allah janjikan. Dan salah satu golongan yang akan mendapatkan kedudukan tinggi disurga adalah orang yang rajin membaca dan mengamalkan Al-aur'an.

Rasulullah SAW bersabda: ''Bacalah (Alquran), naiklah (pada darjat-darjat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.'' (HR Ahmad)

Post a Comment for "7 Balasan Bagi Orang yang Rajin Membaca dan Mengamalkan Alquran"