Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Dendam, Balaslah Keburukan Orang Lain Dengan Kebaikan

Jangan Dendam, Balaslah Keburukan Orang Lain Dengan Kebaikan
Images: Pixabay
Namanya juga hidup, ada orang baik dan ada pula orang yang tidak baik. Itulah hukum alam yang tidak bisa dibantah. Bahkan ironisnya lagi meskipun kita sudah sangat hati-hati dalam berbicara dan bersikap, ada saja orang yang tidak menyukai. Intinya sebaik apapun kita pasti akan ada cela bagi mereka yang tidak menyukai. 

Sebenarnya hidup itu pilihan, mau jadi orang baik atau tidak itu merupakan hak seseorang, karena sebab dan akibat dari pilihan itu sendiri akan dirasakan oleh orang tersebut. Namun jangan lupa, kita sebagai mahluk Tuhan yang bergelar hamba tidak bisa berbuat seenak diri sendiri, dan bertingkah tanpa memikirkan bagaimana dampaknya bagi orang lain. 

Kenapa harus memikirkan orang lain, toh mereka juga tidak memikirkan kita, dan sering menjahati kita? Pertanyaan itu seringkali muncul setiap kali hati ingin bersikap bodo amat. Sebenarnya memikirkan dampak perbuatan kita bagi orang lain bukan sebuah kebodohan, melain lebih kepada belajar tidak egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Kalau tidak, apa bedanya kita dengan orang yang dianggap jahat. 

Memang, menjadi orang baik itu tidak mudah. Selain menahan diri untuk tidak menjahati orang, kita juga menahan diri dari membalas perbuatan jahat orang lain. dan yang lebih tidak mudah lagi, kita harus belajar membalas keburukan orang lain dengan kebaikan. 

Bayangkan, orang yang sudah menzolimi kita habis-habisan harus kita kasih hati dengan diperlakukan dengan baik. Sungguh ini bukan perkara mudah yang semua orang mampu melakukannya, mengingat banyak sekali orang yang kadang tidak hanya jahat, tapi juga tidak tau diri, udah dibaikin dan dimaafin malah semakin ngelunjak dan menginjak. 

Namun, walau tidak mudah mari kita belajar. Belajar memaafkan dan membalas keburukan orang lain dengan kebaikan. Jika masih tetap dijahati bagaimana? biar itu menjadi urusan dia sama Tuhan, tugas kita hanya terus berbuat baik. Tuhan tidak jahat kok, ia tidak akan terus membiarkanmu terus berkorban dengan terus berbuat baik tanpa memberimu balasan istimewa. 

Percayalah, berbuat baik tidak akan membuatmu rugi, bahkan jika manusia itu sendiri tidak mampu membalas kebaikanmu, Allah sendiri yang akan turun tangan memberi balasan. Janji ini tertulis jelas dalam Al-qur'an, surat Az.Zazzalah ayat 7-8 yang memiki arti: ''Barangsiapa yang berbuat kebaikan (sebesar biji dzaarrah), niscaya dia akan melihat (balasannya). Dan barangsiapa yang berbuat kejahatan (sebesar biji dzarrah), niscaya dia akan melihat (balasannya) pula.''

Post a Comment for "Jangan Dendam, Balaslah Keburukan Orang Lain Dengan Kebaikan"