Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Perempuan Berhijab

7 Keutamaan Perempuan Berhijab
Images: Pixabay
Berhijab dan menutup aurat merupakan keharusan bagi wanita yang beragama islam, ini merupakan perintah langsung dari Allah dan tidak bisa ditawar lagi. Bahkan beberapa dalil menjelaskan perintah berhijab. 

''Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (keseluruh tubuh mereka) jilbab mereka, Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal(sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan meredeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.'' (QS.AL-AHZAB: 59)

Selain merupakan perintah, jilbab juga memiliki manfaat tersendiri bagi wanita, Berikut manfaat berhijab bagi wanita muslimah.

1. Bentuk Takwa kepada Allah

Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk bertaqwa kepada Allah, contoh taqwa kepada Allah seperti mentaati semua perintahnya dan menghindari larangannya. 

Untuk itu, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa berhijab merupakan perintah Allah, dengan berhijab berarti kita telah berusaha untuk bertaqwa kepada Allah. dan menjalankan perintah agama.

2. Terhindar Dari Pria Nakal

Islam menjaga kehormatan wanita dibalik diperintahnya berhijab. Dengan tidak mengumbar aurat berarti wanita tersebut telah menghindari salah satu bahaya besar, yaitu pandangan buas para lelaki. 

Pria segan menggoda apalagi melecehkan perempuan berhijab, kecuali peluang itu diciptakan oleh wanita itu sendiri. Karena setiap laki-laki pasti tau mana yang harus dijaga dan mana yang bisa dibuat mainan.

3. Terhindar Dari Azab Pedih

Alasan wanita menunda untuk berhijab karena takut penampilan gak modis, dan sering menganggap remeh perintah yang sudah tertulis dalam Al-quran. Padahal azab Allah itu pedih, tapi sering diabaikan dengan alasan dunia. hadits shahih menjelaskan:

Rasulullah SAW Bersabda: ''Aku melihat ada perempuan digantung rambutnya, otaknya mendidih. Perempuan tersebut adalah perempuan yang mengumbar dan mempertontonakn rambutnya kepada laki-laki selain suaminya. Perempuan ini mukanya akan menghitam dan memakan isi perutnya sendiri.'' (HR.Bukhari dan Muslim).

4. Menolong Orang Tua

Dengan berhijab berarti kamu telah memberikan pertolongan pada orang tua sendiri. Sebab, selangkah anak perempuan keluar rumah tanpa menutup aurat, selangkah pula ayahnya itu hampir ke neraka. (HR. Tirmidzi & hakim.)

Bila sayang orang tua, taati perintah Allah. Maka orang tua kita akan dijaga dan disayangi Allah, itulah sebenar-benarnya balasan kita terhadap orang tua.

5. Wanita Itu Berharga

Satu yang sering dilupakan oleh wanita, mereka kadang lupa kalau dirinya berharga. Padahal dalam islam wanita itu sangat dimuliakan, bahkan setelah bergelar ibu surga terletak dibawah telapak kakinya. Apa gak sayang jika auratmu dinikmati banyak mata yang bukan mahramnya.? 

''Wanita adalah tiang negara, apabila wanita itu baik maka akan baiklah negara dan apabila wanita itu rusak, maka akan rusak pula negara.''

6. Ikhtiar Dapat Jodoh yang Baik

Jodoh itu cerminan diri kita sendiri, dengan menutup aurat berarti kita telah berusaha memantaskan diri agar disandingkan dengan pria yang baik agamanya.

Sebagai mana yang tertulis dalam Al-Quran: ''Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.''(QS.An Nur:26)

7. Cantik Menurut Dunia dan Agama

Cantik tidak harus dengan pamer tubuh molek, rambut terurai dan berjalan dengan gaya yang penuh dengan daya pikat. Bukan membanding-bandingkan atau menghakimi, tapi kamu bisa lebih cantik dengan hijabmu, dan kamu harus bangga akan hal itu.

Sebab, kecantikan juga bisa muncul dari seseorang yang agamanya bagus dan berkelakuan baik. Itulah kecantikan yang sesungguhnya. 

Itulah beberapa manfaat hijab bagi wanita. Semoga yang belum berhijab Allah berikan hidayah untuk menutup aurat, sebelum kain kafan yang membungkus tubuhmu. 





Post a Comment for "Keutamaan Perempuan Berhijab"