Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Azab Meninggalkan Sholat Sungguh Mengerikan

6 Azab Meninggalkan Sholat Sungguh Mengerikan
Images: elevenia.co.id
Sebagai orang yang beragama islam kita diwajibkan untuk melaksanakan shalat 5 waktu, karena itu merupakan rukun islam yang ke dua setelah 2 kalimat syahadad. Itulah salah satu alasan mengapa shalat sangat penting dalam kehidupan beragama. 

Pahala bagi mereka yang mengerjakan, dan azab pedih bagi mereka yang sengaja meninggalkan. Itulah shalat. Nabi SAW bersabda: ''(Shalat) awal waktu itu diridhoi Allah, dan (shalat) tenga-tengah waktu itu dirahmati Allah SWT, dan (shalat) diakhir waktu itu diampuni Allah SWT. Berikut ini azab bagi orang yang sengaja meninggalkan shalat 5 waktu. 

1. Dicabut Keberkahan Umur

Allah langsung memberi hukuman bagi orang yang sengaja meninggalkan shalat selagi masih didunia. Allah cabut keberkahan umur yang dimilikinya, sehingga meski hidup ratusan tahunpun tidak ada gunanya kalau tidak shalat dan mengaji.

2. Menjadi Kafir

Shalat adalah rukun islam yang kedua satelah syahadad, ini membuktikan betapa pentingnya shalat bagi orang islam. Sehingga bagi siapa saja yang sengaja meninggalkan shalat lima waktu, tidak termasuk lagi dalam golongan orang islam alias kafir. 

Nabi SAW bersabda: ''Perjanjian kami dengan mereka adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, maka ia kafir.'' (Ahmad dan ashabussunan)

3. Syirik

Nabi SAW bersabda, bahwa yang menjadi pemisah diantara seorang hamba dengan kekufuran dan keimanan adalah shalat. Maka dari itu, jika shalat saja sudah ditinggalkan maka orang tersebut termasuk syirik. Sedangkan syirik merupakan perbuatan yang sangat dibenci Allah.

''Janganlah kamu adakan Tuhan yang lain di samping Allah, agar kamu tidak tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).'' (QS Al Isra: 22)

4. Dosa Berlipat Ganda

Seorang hamba yang sengaja meninggalkan shalat akan mendapatkan dosa yang lebih besar daripada perbuatan yang dilarang lainnya. 

Ibnu Qayyim mengatakan: ''Kaum muslim bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar. Lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum-minuman keras.''

5. Kekal Dineraka

Diakhirat kelak Allah akan memberi balasan bagi orang yang meninggalkan shalat, balasan tersebut berupa kekalnya mereka menjadi penghuni neraka. 

Bayangkan, meninggalkan shalat subuh saja akan masuk kedalam neraka selama 30 tahun, apalagi sampai meninggalkan shalat 5 waktu. Sedangkan 30 tahun diakhirat sama dengan 60 tahun didunia.

6. Siksa Sakaratul Maut

Setiap insan yang bernyawa pasti akan menghadapi yang namanya sakaratul maut, dan berbeda-beda seseorang dalam menemui ajalnya. Ada yang meninggalnya dengan keimanan, dan ada pula yang sakaratul maut dengan penuh siksaan. 

Salah satu siksaan bagi hamba yang meninggalkan shalat ialah dengan beratnya sakaratul maut. Mereka akan mengahadapi sekaratul maut dalam keadaan hina, meninggal dalam keadaan lapar, dan meninggal dalam keadaan haus.

Post a Comment for "6 Azab Meninggalkan Sholat Sungguh Mengerikan"