Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa, Agar Beruntung, Sukses dan Bahagia

7 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa, Agar Beruntung, Sukses dan Bahagia
Images: doaharianislami.com
Ketika menginginkan sesuatu, kita sebagai umat islam dianjurkan untuk memanjatkan doa sebagai sarana permintaan kita pada sang khaliq. Berdoa sebenarnya bisa dilakukan kapan dan dimanapun kita berada, mengingat Allah selalu tau dan mendengar apapun yang kita pinta dan rasakan. 

Namun, ada waktu-waktu khusus untuk berdoa agar doa lebih sempurna dan mudah dijabah oleh Allah. Berikut diantaranya:

1. Waktu Berpuasa

Selain mendapat pahala berlipat ganda, doanya orang berpuasa lebih mudah dijabah oleh Allah. Karena itu, muslim yang sedang berpuasa dianjurkan banyak memanjatkan doa, lebih-lebih memasuki saat waktu berbuka. 

''Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi. Doa-doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya, lalu Allah SWT berfirman: 'Demi izzah-Ku, aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu.'' (HR Ahmad, dari Abu Hurairah, shahih lighairihi)

2. Diantara Adzan dan Iqamah

Saat adzan berkumandang sudahi dulu segala aktivitas yang kamu kerjakan, sebab itu tidak lebih penting dari panggilan Allah untuk mendirikan shalat. dan perbanyak memanjatkan doa diantara waktu adzan dan iqamah, karena diwaktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

Dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam bersabda: ''Doa yang dipanjatkan di antara adzan dan iqomah tidak akan ditolak.''

3. Sepertiga Malam

Waktu sepertiga malam juga merupakan waktu paling mustajab untuk memanjatkan doa pada Allah. Di saat orang terlelap dibuai mimpi, bangunlah untuk mendirikan shalat malam atau tahajud dan pinta apa yang menjadi hajatmu, InsyaAllah mustajab. 

Dari Abu Umamah ia berkata: Rasulullah SAW ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling didengar? beliau berkata: ''Doa ditengah malam terakhir, seta setelah shalat-shalat wajib.'' (HR. Tirmidzi)

4. Waktu Sujud Dalam Shalat

Sujud itu indah, kita berbisik kebumi tapi di dengar oleh langit. Maka dari itu, banyaklah berdoa saat sujud dalam shalat. 

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: ''Momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa saat itu, '' (HR muslim, Abu Dawud, An-Nasa'i)

5. Saat Turun Hujan

Hujan yang turun dari langit merupakan berkah Tuhan untuk bumi beserta isinya. Karena menyimpan sejuta berkah, tidak heran umat islam yang berdoa saat hujan turun juga lebih mudah dijabah oleh Allah. 

''Dua doa yang tidak akan ditolak yaitu doa ketika azan dan doa ketika turun hujan, ''Hadist riwayat Sahl bin Sad.

6. Malam Lailatur Qadar

Malam Lailatur Qadar merupakan satu malam penting yang terjadi pada bulan ramadhan, bahkan dalam Al-qur'an disebutkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. 

Imam As-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. 

7. Waktu di antara 2 Khutbah

Hari jum'at tepatnya waktu di antara 2 khutbah juga merupakan waktu mustajab bagi umat islam untuk memanjatkan doa. 

''Di hari jum'at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatau do'a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.'' (HR. Bukhori no. 935 dan Muslim no. 852)

Post a Comment for "7 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa, Agar Beruntung, Sukses dan Bahagia"