Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Azab Pedih Bagi Anak yang Durhaka Kepada Orang Tua

6 Azab Pedih Bagi Anak yang Durhaka Kepada Orang Tua
Images: Yudibatang
Dengan segala usaha dan pengorbanan yang telah orang tua lakukan dalam mengurus kita mulai sejak dalam kandungan sampai saat ini, kiranya tidak alasan bagi kita untuk tidak menyayangi dan tidak berbakti pada mereka. Dalam islam berbakti pada orang tua sangat diwajibkan, bahkan ada beberapa hadis yang menyebutkan betapa pentingnya perilaku itu. 

Nabi SAW bersabda: ''Berbuat baiklah kepada orang tua-orang tua kalian maka anak-anak kalian akan berbuat baik kepada kalian, dan jagalah diri kalian (dari zina), maka istri-istri kalian akan terjaga (dari zina), ''(HR Ath-Thabrani).

Tidak hanya sekedar perintah atau kewajiban, Allah juga menyiapkan azab pedih bagi mereka yang ingkar terhadap perintahnya dan durhaka terhadap orang tua. Berikut azab pedih bagi anak durhaka.

1. Dibenci Allah

Ini yang seharusnya ditakuti oleh anak yang tidak berbakti dan durhaka terhadap orang tua, sebab dibenci Allah merupakan tragedi paling menyedihkan bagi seorang muslim. Penciptanya saja membenci apalagi orang-orang disekitarmu.

Dalam sebuah hadits telah diriwayatkan: ''Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua, dan murkanya Allah tergantung pada murkanya orang tua.'' (HR. Al-Hakim)

2. Tidak Mencium Bau Surga

Surga adalah tempat diakhirat yang semua orang ingin menempatinya, tidak heran jika banyak manusia yang melakukan berbagai macam kebajikan demi mengejar surga yang telah Alah janjikan. Namun, surga tidak akan bisa diraih oleh anak yang tidak berbakti dan durhaka pada orang tua.. 

''Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluarganya, merekalah istri dan anak perempuan selingkuh)''. (H.R. Nasa'i dan Ahmad).

3. Tidak Diterima Shalatnya

Sebuah kesia-siakan shalat yang dikerjakan oleh anak yang durhaka terhadap orang tua. Hatimu berusaha khusuk, sementara hati orang tuamu masih terluka akibat ulahmu. 

''Allah tidak akan menerima shalat orang yang dibenci kedua orang tuanya yang tidak aniaya terhadapnya''. (H.R. Abu al-Hasan bin Makruf)

4. Terhapus Semua Amalannya

Allah akan menghapus semua amal ibadah yang dilakukan oleh anak durhaka. Bagaiman mungkin dia rajin ibadah dan bersujud pada Tuhannya, sementara hati orang tuanya digores habis-habisan. 

''Ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu syirik kepada Allah, durhaka kepada orang tua dan seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu.'' (HR.Thabrani)

5. Mendapat Kesusahan Dunia

Tidak hanya diakhirat kelak, Allah juga tunjukkan murkanya terhadap anak durhaka selagi masih didunia. 

Sebagaimana sabda Nabi SAW: ''Setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali doa mendurhakai kedua orang tua. sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya didalam hidupnya sebelum mati,'' (Riwayat Al-Hakim).

6. Dosa-dosa Sulit Diampuni

Selain amalan yang dihapus oleh Allah, dosa-dosa yang telah dilakukan oleh anak durhaka juga sulit untuk dapat ampunan darinya. Ini membuktikan bahwa Allah benar-benar murka terhadap anak durhaka.

''Dikatakan kepada orang yang durhaka kepada kedua orang tua, ''berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya aku tidak akan mengampuni. ''Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orang tua, perbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya aku mengampunimu.'' (H.R. Abu Nu'aim).

Itulah azab dan balasan bagi anak yang durhaka. Semoga kita menjadi anak yang berbakti dan termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung. 

Post a Comment for "6 Azab Pedih Bagi Anak yang Durhaka Kepada Orang Tua"