Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Ikhlas Menerima Kenyataan Menyakitkan Dalam Hidup

Tips Belajar Ikhlas Menerima Kenyataan Menyakitkan Dalam Hidup
Images: Pixabay
Ikhlas adalah kondisi dimana kita sudah merelakan sesuatu meskipun terasa berat dan tidak sesuai dengan keinginan kita. Menyuruh orang lain untuk ikhlas memang sangat mudah, tetapi sangat sulit untuk melakukannya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. 

Reputasi hancur, bisnis yang lama dibangun habis tanpa sisa, rasanya sangat sulit untuk menerima semua dengan hati terbuka. Meski terasa sulit ada beberapa cara agar bisa ikhlas menerima kenyataan pahit dalam hidup. Berikut diantaranya.

1. Selalu Bersyukur
Selalu Bersyukur
Images: lifespleasuresandstruggles.com
Daripada hatimu terus dibelenggu rasa sakit dengan mengutuk takdir yang sudah terjadi, alangkah lebih baiknya kamu bersyukur atas kenyataan saat ini. Bersyukur saat semua sedang tidak baik-baik saja memang sangat sulit. 

Tapi, akan ada banyak kebaikan yang menanti jika kamu mampu untuk bersyukur. Jika anda merasa gagal mendapatkan sesuatu, anggap saja belum rezeki, teruslah bersyukur atas pencapaian sampai dititik ini.

2. Berpikir Positif
Berpikir Positif
Imanges: Pixabay
Mungkin hari ini kamu jatuh, putus asa dan menganggap tidak ada harapan untuk hidup berikutnya,  tetaplah berpikir positif. Mungkin itu memang cara Tuhan untuk mengangkatmu ketahap yang lebih tinggi lagi.

Dengan selalu berpikir positif, pastinya akan lebih mudahan dalam mengikhlaskan sesuatu. Tidak hanya itu, orang yang selalu berpikir positif hidupnya akan tenang, kesehatan fisik dan mentalnya juga akan terjaga dengan baik.

3. Lapang Dada
Lapang Dada
Images: Pixabay
Salah satu kunci menerima kenyataan pahit dalam hidup adalah dengan berlapang dada, menerima semua yang terjadi dengan tangan terbuka. Ini mungkin sulit, tapi harus kamu lakukan. Toh semua sudah terjadi.

Tenamkan dalam pikiranmu bahwa semuanya memang harus terjadi, dan ini semua kehendak Tuhan yang memang direncanakan dengan baik untukmu.

4. Maafkan Diri Sendiri dan Orang lain
Maafkan Diri Sendiri dan Orang lain
Images: everypixel.com
Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk diri sendiri. Untuk itu, agar hatimu senantiasa ikhlas, maafkan dulu diri sendiri dan orang lain yang kamu anggap terlibat dalam kenyataan yang terjadi.

Jika kamu berbesar hati menyingkirkan ego dengan memberi maaf, maka sudah bisa dipastikan kalau kamu sudah siap menyongsong kenyataan berikutnya yang jauh lebih indah. 

5. Berhenti Mengeluh
Berhenti Mengeluh
Images: medium.com
Saat semua tidak sesuai harapan mungkin kamu berpikir jalan satu-satu adalah mengeluh, padahal itu bukan hal baik untuk dilakukan. Selain tidak merubah apapun, mengeluh hanya akan mempersulit kamu untuk menyikapi semua yang terjadi dengan bijak.

Berhenti mengeluh, dan coba untuk memahami bahwa semua memang sudah saatnya terjadi, kita bisa apa selain dengan ikhlas.

6. Anggap Kamu Lebih Beruntung
Anggap Kamu Lebih Beruntung
Images: pexels.com
Kenyataan menghantammu dengan keras dan menyakitkan, duniamu terasa runtuh. Dengan mikian kamu merasa bahwa kamulah yang paling terpuruk saat ini. Tidak, kamu masih jauh lebih baik-baik saja daripada orang lain.

Ingat, sesusah-susahnya kamu menjalani hidup, masih ada yang lebih susah dari itu. Anggaplah kamu lebih beruntung dari orang lain. 

7. Perbanyak Kebaikan
Perbanyak Kebaikan
Images: Pixabay
Perbanyak melakukan kebaikan, dan jangan lupa untuk membersihkan hati. Sebab, sulitnya hati untuk ikhlas, karena masih ada iri dan dengki dalam hatimu. 

Dengan melakukan banyak kebaikan, kamu telah mengiba pada Allah agar dikasihani. Sesuai dengan sabda Nabi SAW: ''Barang siapa yang melepas satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat.'' 










Post a Comment for "Tips Belajar Ikhlas Menerima Kenyataan Menyakitkan Dalam Hidup"