Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Alasan Kenapa Harus Akur Dengan Tetangga

6 Alasan Kenapa Harus Akur Dengan Tetangga
Images: Shutterstock 
Yang namanya mahluk sosial, kita diharuskan untuk selalu berbuat baik serta bersosialisasi dengan sesama. Berbuat baik tidak hanya terhadap keluarga dan pasangan, namun juga terhadap tetangga, iya tetangga. 

Karena sebagai manusia kita pasti sewaktu-waktu butuh pertolongan orang lain, dan selain sanak saudara, tetangga adalah orang yang paling dekat dengan kita. Meski kadang menjengkelkan, tetaplah jaga hubungan baik dengan mereka. Selain itu, ada beberapa alasan kenapa kamu harus akur dengan tatangga. Berikut diantaranya:

1. Menghindari Konflik

Bukan hal yang asing jika banyak sekali orang yang bersiteru maupun tidak cocok dengan tetangga. Fenomena ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena kurangnya komonikasi antara kedua belah pihak. 

Dengan berusaha akrab dan berbuat baik pada tetangga, kamu telah menghindari terjadinya konflik dengan orang didekat kita.

2. Saling Membutuhkan 

Meskipun kamu punya keluarga besar, dan saudara yang mungkin bisa membantu saat kamu butuh pertolongan. Tapi, ketika berjauhan, tetap tetanggalah yang paling dekat dan gercep memberi bantuan saat kamu ada masalah.

Menyadari manusia akan saling membutuhkan, jangan sombong. Tetaplah jalin hubungan yang baik dengan tetangga 

3. Teman Berbagi

Selain sahabat dan keluarga, tetangga adalah orang yang asik untuk bebagi cerita. Ketika sudah mulai akrab kita bisa berbagi berbagai hal dengan mereka, baik itu ilmu, pesan kebaikan dan masih banyak lagi. 

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika bisa akrab dengan tetangga. Saat ada sesuatu yang tidak diketahui kita tidak perlu lagi sungkan untuk bertanya, begitupun sebaliknya.

4. Menambah Keakraban

Walaupun hanya tetangga yang baru dikenal bukan berarti kita harus menganggapnya benar-benar asing. Berusahalah untuk berinteraksi dengan baik untuk menjalin hubungan yang jauh lebih akrab lagi.

Sebab, Berbuat baik pada tetangga tidak hanya membuat hubungan semakin akrab, tapi juga menjaga tali silaturahmi agar tidak putus.

5. Dianjurkan Oleh Agama

Sebagai umat islam kita diperintahkan untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain, termasuk dengan tetangga. 

Karena sebagai mahluk sosial, kita tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. dan tetangga merupakan orang terdekat setelah keluarga.

6. Memperluas Pergaulan

Ketika sudah berusaha berhubungan baik dengan tetangga, berarti kamu sudah memperluas pergaulan. Memperluas jaringan pergaulan memudahkan kita untuk saling mengenal beragam watak seseorang.

Selain itu, Memperluas pergaulan dengan bersosialisasi tidak hanya mendatangkan banyak saudara, tapi juga mampu mengatasi stres. Semakin banyak dukungan sosial yang kamu dapatkan dari orang sekitar, maka akan semakin baik.

Itulah alasan kenapa kita harus akur dengan tetangga. Jangan merasa hebat bisa melakukan segala hal sendiri, sehebat apapun kamu sekarang ada saatnya kamu butuh uluran tangan orang lain termasuk tertangga. 



Post a Comment for "6 Alasan Kenapa Harus Akur Dengan Tetangga"