Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Bijak Menghadapi Mertua yang Tidak Suka Padamu

6 Cara Bijak Menghadapi Mertua yang Tidak Suka Padamu
Images: Stockphoto
Ujian dalam setiap rumah tangga itu beda-beda, kalau gak di uji dengan pasangan, bisa dengan ipar, orang tua dan bahkan yang paling sering terjadi ialah konflik antara menantu dan mertua. 

Mengaca dari kasus yang sering terjadi banyak dari menantu yang mengeluhkan sikap mertuanya yang kurang baik, dan sering memperlakukannya dengan sinis. Bahkan, tidak jarang menantu sering dibenturkan dengan situasi serba salah, dimana semua sudah dilakukan dengan baik tapi masih ada saja cela untuk menyalahkannya. Entah memang kita yang salah atau emang sengaja membuat kita tidak nyaman. 

Untukmu yang berada diposisi seperti ini, berikut caranya menyikapi mertua yang tidak suka dengan kita: 

1. Tetap Bersikap Baik

Manusiawi ketika tidak suka dengan orang yang menyakiti hati kita, apalagi mereka yang terlalu ikut campur dalam urusan pribadi yang sejatinya ia tidak ikut merasakan kesulitan didalamnya, tidak perduli itu mertua pokoknya ada rasa tidak suka kalau terlalu ikut campur. 

Namun, sejahat apapun mertua memperlakukan kita jangan ada benci apalagi dendam dengan mertua, selayaknya orang tua sendiri mereka juga berjasa dalam perjalanan rumah tanggamu. Tetaplah bersikap baik, dan selama hatimu tulus lama-lama mereka akan luluh juga.

2. Tebal Kuping

Meski kadang gak kuat belajarlah sedikit bodoh amat dengan perkataan mertua yang kadang gak mengenakkan hati, cara ini cukup bijak karena anda tidak harus menangis setiap hari karena ucapan mertua. 

Kerjakan apa yang seharusnya kamu kerjakan, dengarkan saja apa yang seharusnya kamu dengar. dan bersikap bodo amat dengan omongan-omongan yang bernada menjatuhkan mentalmu.

3. Belajar Memaklumi

Pernah dibenturkan dengan situasi serba salah? sudah melakukan sesuatu dengan baik tapi masih ada saja hal yang dikomentari. Disinilah sebagai menantu harus belajar mamaklumi, sebab bisa jadi mertua yang demikian itu sedemikian perhatinannya sehingga apapun yang kita lakukan tidak pernah luput dari pengawasannya. 

4. Bantuan Suami

Salah satu pihak yang paling tepat untuk mendamaikan menantu dengan mertua adalah suami, sebab dibalik sikap mertua yang kadang menyebalkan ada kasih sayang yang begitu besar terhadap anaknya. 

Jadi, mintalah suami untuk membantu mendamaikan dan mengambil hati mertua. Ini akan memudahkanmu, karena hati ibu mana yang tidak akan luluh jika anaknya menunjukkan kelebihanmu. 

5. Jangan Jahat Balik

Mertua tidak bersikap baik bukan berarti kamu harus memperlakukan mereka sama persis seperti yang mereka lakukan terhadapmu, adabmu sebagai anak menantu jangan sampai hilang karena sering dapat perlakukan tidak baik.

Percayalah, lambat laun sikap yang tidak menyenangkan itu akan luluh jika kamu tidak berhenti membalasnya dengan kebaikan.

6. Introspeksi Diri

Jangan hanya mencari kesalahan orang lain, cobalah sesekali mengaca pada diri sendiri, barangkali ada sikap yang memang seharusnya kamu benahi lebih dulu. Cobalah introspeksi, jaga sikap dan juga ucapan. 

Sebab jika sudah benar, mertuamu tidak mungkin merusak kebahagiaan anaknya dengan mengancurkan wanita yang dicintai. Sama seperti ayah ibumu mereka juga ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. 

Itulah cara bijak menghadapi mertua yang tidak suka kita. Semoga kita disatukan dengan orang-orang yang bisa menerima kita dengan tulus. 

Post a Comment for "6 Cara Bijak Menghadapi Mertua yang Tidak Suka Padamu"