Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Rajin Sholat Tahajud

7 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Rajin Sholat Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat sunah yang didirikan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. dan ini merupakan shalat yang dianjurkan dalam islam karena memiliki beragam macam manfaat bagi yang mengerjakannya. 

Dalam sebuah hadits Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda: ''Bahwasannya Rasulullah SAW . Ditanya orang, ''Shalat manakah yang paling utama setelah shalat yang diwajubkan (shalat lima waktu)? Rasulullah saw menjawab, ''Shalat tahajjud.'' (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Berikut Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Rajin Shalat Tahajud

Seperti yang tertulis dalam berbaga hadist bahwa banyak sekali manfaat dan keutamaan shalat tahajud. Tidak hanya untuk hati tapi juga fisik. Berikut diantaranya:

1. Mendapat Ridha Allah

Sebagai orang yang beriman mendapat ridha Allah merupakan anugerah terindah, yang bahkan lebih mahal harganya dibanding harta duniawi. Sebab, tidak sembarang orang bisa dengan mudah mendapatkanya, hanya orang-orang yang melakukan amalan tertentu saja. yang salah satunya orang yang rajin shalat tahajud. 

''Tiga orang yang diridhai Allah SWT. yaitu seorang yang pada tengah malam bengun san shaat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk shalat, dan suatu kamu yang berbaris untuk perang dijalan Allah.'' (HR. Abu Ya'la).

2. Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Saat semua mata terlelap bagunlah untuk berdoa pada Allah, karena waktu tahajud merupakan salah satu waktu terbaik untuk meminta sesuatu pada Rab-Mu. Pinta dan tumpahkan semua keluh kesahmu, Allah tidak akan bosan mendengar doa hamba yang sungguh-sungguh ingin pertolongannya.

''Doa saat tahajud bagaikan anak panah yang melesat tepat mengenai sasaran.'' (Imam Syafi'i)

3. Penggugur Dosa

Salah satu keistimewaan shalat tahajud ialah mampu menggugurkan dosa-dosa. Memang tidak dipugkiri, yang namanya manusia tidak akan luput dari yang namanya khilaf dan dosa, dan sebaik-baiknya pendosa dialah yang mau bertaubat. 

''Lakukan shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepeda Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh.'' (HR. Tirmidzi).

4. Doa Tidak Akan Ditolak

Ketika mengejar sesuatu yang terasa sulit untuk didapatkan, bangunlah untuk mendirikan shalat malam dan berdoa dengan segenap hati agar semua Allah dipermudah. Sebab, Allah tidak akan menolak doa-doa hamba yang tulus disepertiga malam.

''Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, ''Barang siapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepadaku-Ku, Aaku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku aku ampuni dia.'' (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Jaminan Masuk Surga

Surga adalah hadiah dari Tuhan untuk hamba-hamba yang melakukan kebajikan, dan surga merupakan tempat terindah yang semua orang ingin menjadi penghuninya. Salah satunya calon penghuni surga dialah yang rajin mendirikan shalat tahajud.

''Dirikanlah shalat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah kedalam surga dengan kedamaian.'' (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan hakim).

6. Ketenraman Hati dan Pikiran

Shalat tahajud juga merupakan interaksi antara hamba dengan Rab-nya, sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Diwaktu ini kamu bisa curhatkan segala isi hatimu, melepas beban berat yang selama ini tidak bisa kamu ceritakan sama orang lain.

Sebab, curhat sama Allah itu enak banget. Selain tidak akan menyebar keman-mana, solusi dari setiap permasalah yang kamu hadapai juga akan menemukan jalannya. 

7. Menambah Kecantikan dan Ketampanan

Tidak hanya memberi ketenangan dalam hati, shalat tahajud juga mampu memberi menambah kesempurnaan secara fisik. Wajah orang yang sering shalat tahajud akan nampak lebih berseri dan memancarkan keimanan. 

Nabi SAW bersabda: ''Bahwa orang-orang yang melaksanakan shalat tahajud akan wajahnya terlihat tampan atau cantik disiang harinya.'' (HR Ibnu Majah).

Post a Comment for "7 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Rajin Sholat Tahajud"