Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ciri-ciri Istri Durhaka Kepada Suami yang Jarang Diketahui

7 Ciri-ciri Istri Durhaka Kepada Suami yang Jarang Diketahui
Images: orami.co.id
Setiap orang pasti ingin punya rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah. Dalam usaha menciptakan rumah tangga impian, banyak orang yang sangat selektif dalam memilih pasangan, lebih-lebih pria. Karena pria lebih banyak memiliki tanggung jawab, selain mencari istri yang baik mereka juga harus mencari ibu yang baik pula untuk anak-anaknya nanti. 

Berbicara memilih istri sebenarnya tidak harus cantik dan body bagus, asal agamanya baik, insyaAllah yang lainnya juga baik. Sebab, percuma juga wajah cantik, badan nyaris sempurna kalau nantinya durhaka pada suami. 

Agar lebih hati-hati dan bijak dalam mengambil sikap. Berikut ciri-ciri istri durhaka pada suami menurut agama islam. 

1. Banyak Menuntut

Didunia ini segalanya tidak ada yang sempurna, lebih-lebih dalam rumah tangga sedikit banyaknya pasti ada saja kekurangan. Untuk itu, jangan menuntut sesuatu diluar batas kemampuan pasangan. 

Selain itu, sikap terlalu banyak menuntut juga merupakan ciri-ciri istri durhaka. Karena menuntut suami agar memenuhi kesempurnaan yang ia inginkan tanpa menyadari bahwa semua hal itu tidaklah sama, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

2. Tidak Taat Pada Suami

Setinggi apapun sekolahmu dan sedinasti apapun kamu berasal, tetap tugas pentingmu setelah menikah adalah patuh terhadap suami. Banyak istri yang menyepelekan hal-hal kecil padahal itu merupakan kedurhakaan pada suami. Misalkan, keluar rumah tanpa izin dan berbicara yang pada akhirnya melukai hati suami. 

Rasulullah bersabda ''Siapakah wanita yang paling baik? ''Jawab beliau, ''Yaitu yang paling meyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.'' (HR.An-Nasai dan Ahmad).

3. Tidak Suka Pada Keluarga Suami

Kalau sudah menikah usahakan jangan hanya suka sama pasangan saja tapi juga sama keluarnya. Karena sampai kapanpun keluarga tidak bisa dihilangkan meski seseorang itu sudah menikah. Apalagi anak laki-laki, mereka tetap milik ibunya sampai kapanpun. 

Faktanya banyak sekali wanita yang menuntut semua kasih sayang dan perhatian suaminya hanya ditujukan pada dirinya semata. dan mengabaikan bahwa suami masih memiliki tanggung jawab kepada orang tua dan keluarganya.

4. Membuka Aib Suami

Harusya sebagai istri menjadi wadah untuk suami menceritakan banyak hal, termasuk rahasia pribadi. Namun, tidak sedikit istri yang mengumbar rahasia suami yang telah diamanahkan padanya. Apapun itu alasannya, menyebarkan aib suami tetap tidak bisa dibenarkan. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Tidaklah seorang hamba menutupi (Aib) seorang hamba (yang lain) di dunia melainkan Allah akan menutup aibnya dihari kiamat, ''. (HR Muslim)

5. Mengungkit Kebaikan Yang Dilakukan

Banyak atau sedikit setiap manusia pasti pernah melakukan kebaikan, yang awalnya terlihat tulus tapi lama-lami jadi mengungkit sudah sering kita temui. Namun, ini merupakan bentuk kedurhakaan jika dilakukan istri terhadap suaminya. Dimana dia kembali mengungkit kebaikannya yang sudah-sudah.

Hanya dua hal yang perlu dingat, yaitu kebaikan orang lain kepada kita, dan keburukan kita terhadap orang lain.

6. Tidak Qanaah

Qanaah adalah sikap menerima dan selalu merasa cukup dengan apa yang diperoleh. Selain itu, orang yang senatiasa qonaah akan jauh dari sikap tidak puas dan merasa kurang, dan ini tidak akan dimiliki oleh istri yang durhaka. Mereka tidak akan merasa cukup dan jarang mengucap terima kasih dengan pemberian suami. 

''Sungguh beruntung orang-orang yang masuk islam, mendapatkan rezeki secukupnya, dan ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepadanya. ''(H.R Muslim). 

7. Matre

Pada dasarnya semua orang memang butuh uang untuk menunjang kehidupan, tapi jika semua harus dihargai dengan uang juga bukan hal yang baik. Karena ada sesuatu yang tidak bisa dirupiahkan, termasuk, cinta, ketulusan dan kesetiaan. 

Wanita yang matre cenderung lebih mementingkan materi daripada ketulusan, dan tipikal wanita seperti ini lebih susah untuk setia ketika kita lagi dalam kondisi dibawah. 

Itulah ciri-ciri wanita durhaka pada suami. 

Post a Comment for "7 Ciri-ciri Istri Durhaka Kepada Suami yang Jarang Diketahui"