Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Persiapan Penting Bagi Muslimah yang Akan Melangsungkan Pernikahan

5 persiapan penting bagi muslimah yang akan melangsungkan pernikahan
Images: unsplash.com
Untuk menyempurnakan agama dan memiliki keturunan, menikah adalah salah satu anjuran dalam islam untuk dilakukan. Dalam surat az-Zariyat ayat 49. ''Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

Karena merupakan ibadah terlama dan ingin dilakukan sekali seumur hidup, maka dibutuhkan persiapan yang matang sebelum menikah. Ini penting untuk menciptakan rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah. Berikut persiapan bagi wanita yang hendak menikah menurut islam.

1. Mantapkan Niat

Pernikahan adalah awal membuka lembaran baru, dan ini tidak hanya dilalui satu atau dua hari. Untuk itu, pastikan bahwa kamu sudah benar-benar mantap dengan keputusan yang sudah kamu ambil. Karena segala sesuatu harus diawali dengan niat yang baik. 

Niat yang baik dan matang juga akan melahirkan visi misi dalam rumah tangga kalian nantinya. Artinya sudah tau akan dibawa kemana rumah tangga itu kedepannya.

2. Melatih Sabar

Ada yang mengatakan bahwa pernikahan merupakan finish yang akan selalu membahagiakan. Namun itu tidak sepenuhnya benar, justru saat pernikahan disitulah perjuangan baru dimulai. Akan ada banyak sekali ujian yang berusaha menggoyahkan komitmen kamu dengan pasangan.

Saat akan menikah usahakan kamu sudah mampu mengendalikan hati untuk bersabar, karena dengan sabar kamu akan lebih bijak menyikapi setiap persoalan yang mungkin akan timbul nantinya. 

3. Memantaskan Diri

Siapapun pasti menginginkan jodoh yang terbaik, baik menurut versi diri sendiri. Maka dari itu pastikan bahwa kamu memang pantas Allah sandingkan dengan jodoh idaman. Sebab, jodoh menjadi cerminan diri dan tidak akan jauh dari siapa kita saat ini.

''Wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula.''.(QS.An Nur:26)

4. Belajar Jadi Istri yang Baik

Tidak hanya memantaskan diri, perempuan yang hendak menikah juga harus tau apa itu pernikahan, kewajibannya, dan apa yang tidak boleh dilakukan. Hal ini penting guna meminimalisir masalah dalam rumah tangga nantinya.

Belajar masak, mengurus rumah, mengurus suami dan yang lebih penting belajar agama yang baik. Sebab kalau sudah punya anak, seorang ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. 

5. Taaruf

Taaruf merupakan interaksi antara dua orang atau lebih dengan maksud dan tujuan tertentu. atau bahasa kerennya pernikahan tanpa melalui pacaran lebih dulu. Dan cara ini sangat dianjurkan dalam islam bagi siapa-siapa yang mau menikah.

Selain itu, taaruf memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah terhindar dari zina. Kok bisa? karena dalam proses taaruf laki-laki dan perempuan dilarang berdua-duaan atau bertemu diam-diam. 

Post a Comment for "5 Persiapan Penting Bagi Muslimah yang Akan Melangsungkan Pernikahan"