Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Balasan Untuk Suami yang Memuliakan Istrinya Dalam Islam

7 Balasan Untuk Suami yang Memuliakan Istrinya Dalam Islam
Images: Ig wardahmaulina_
Istri adalah sosok yang sudah kita pilih untuk menjadi pendamping hidup, sudah sepantasnya untuk dimuliakan dan diperlakukan dengan baik. Seperti teladan kita Rasulullah SAW, beliau senantiasa berbuat baik kepada istrinya. Baik dalam kedaan bahagia, sedih atau saat marah. Rasulullah tidak pernah berkata kasar apa lagi bertingkah yang pada akhirnya menyakiti hati istrinya. Dan itulah yang harus dicontoh oleh para suami.

Selain merupakan kewajiban, memuliakan istri juga mendatangkan manfaat luar biasa. Apa aja itu? Berikut manfaat memuliakan istri dalam islam. 

1. Diangkat Derajatnya

Suami yang baik akan senantiasa mendapat tempat yang istimewa disisi Allah, Allah akan mengangkat derajat suami yang memuliakan isrinya. Sehingga dirinya menjadi sosok pilihan disi Allah dan juga Rasulnya.

''Sebaik-baiknya suami adalah yang paling baik kepada istrinya, sejelek-jelek suami adalah yang paling buruk kepada istrinya.'' (HR Muslim).

2. Memperoleh Rahmat Allah

Allah akan senantiasa menghujani dengan rahmat bagi suami yang memuliakan istrinya, dan hal ini juga akan mengundang datangnya kebaikan-kebaikan yang lain.

''Karena disebabkan rahmat Allah lah engkau dapat bersikap lemah lembut dan lunak kepada mereka (keluarganya). Sekiranya engkau adalah seseorang yang kaku, keras, lagi berhati kasar, tentu mereka akan menjauhkan diri dari sekelilingmu''. (QS Ali Imran: 159)

3. Menjadi Sosok Yang Disegani

Disegani oleh orang lain itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang laki-laki, karena itu mencerminkan bahwa dirinya punya jiwa pemimpin. dan kita layak untuk menjadi suami yang dalam rumah tangga.

Rasulullah SAW bersabda: ''Setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya.''

4. Mentaati Perintah Allah

Sosok istri merupakan anugerah terindah dalam hidup, karena hidup laki-laki kurang lengkap rasanya jika belum memiliki pendamping hidup. Kehadirannya mampu memberi ketenangan, kesejukan dan pelayanan yang baik untuk kita. Untuk itu, Allah memerintahkan suami untuk memuliakan istrinya. 

Allah berfirman: ''Yakni perintah ucapan kalian terhadap mereka (istri) dan perbagus perbuatan dan penampilan kalian sesuai kadar kemampuan'' (Al Hafidz Ibnu Katsir)

5. Didoakan Kebaikan

Sejatinya hati wanita itu lembut dan punya daya ingat yang kuat. Mengingat kamu memperlakukannya dengan mulia mereka akan senantiasa tulus mendoakan kebaikan untukmu. Dan menurut salah satu hadis bahwa doa istri untuk suami lebih mudah dijawab oleh Allah.

Sesungguhnya doa yang segera dikabulkan adalah doa seorang istri kepada suaminya yang berada ditempat yang sama atau berjauhan.'' (HR. Tirmidzi).

6. Rumah Tangga Yang Sempurna

Rumah tangga akan lebih sempurna jika antara suami dan istri saling mengasihi tanpa hadirnya perselisihan yang berkepanjangan. Hal ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani biduk rumah tangga.

''Merasakan kenikmatan dengan istri tidak akan sempurna kecuali dengan bersabar terhadapnya dan memuliakannya''. (Syarah Shahih Muslim).

7. Akhlak Mulia

Sikap memuliakan istri merupakan akhlak yang mulia. Lagi-lagi Rasulullah adalah panutan terbaik dalam segala hal, termasuk dalam berumah tangga. Baginda Nabi SAW sangat dikenal dengan sifatnya yang penyayang dan memuliakan wanita. Bahkan dalam salah satu hadis digambarkan bagaimana akhlak mulia nabi yang bisa dicontoh oleh para suami.

''Wajahnya senantiasa berseri seri, suka bersenda gurau, dan bercumbu rayu dengan istri. Bersikap lembut dan melapangkan mereka dalam nafkah serta tertawa bersama istri-istrinya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Post a Comment for "7 Balasan Untuk Suami yang Memuliakan Istrinya Dalam Islam"