Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Lelaki Shaleh yang Bisa Jadi Pemimpin Rumah Tangga

Ciri-ciri Lelaki Idaman yang Bisa Jadi Pemimpin Dalam Rumah Tangga
Images: Madaninews.id
Setiap orang pasti berharap punya pasangan yang baik. Baik sikapnya, baik juga agamanya. Lebih-lebih perempuan yang pada dasarnya mempunyai sifat penurut dan harus dipimpin, sudah pasti mereka ingin mempunyai suami shaleh yang bisa membimbingnya.

Sebab, seorang suami itu harus baik dulu agamanya. Jika agamanya baik, pasti akan baik pula dalam memperlakukan kamu sebagai pasangannya. Berikut ciri-ciri lelaki shaleh yang bisa jadi pemimpin rumah tangga.

1. Selalu Ingat Allah 

Untuk memastikan apakah laki-laki itu baik, kamu bisa lihat dari seberapa sering dia mengingat Rab-nya. Tidak hanya saat butuh saja, melainkan dia akan mengingat Allah dalam kondisi apapun, baik susah maupun senang. 

Karena selalu mengingat Tuhan. Laki-laki seperti ini sangat sulit untuk menyakiti, dan bisa membawamu kearah yang lebih baik.

2. Tanggung Jawab

Lelaki yang shaleh tidak akan lepas tanggung jawab, dia akan selalu berusaha agar orang yang dicintainya terus hidup berkecukupan. 

Bukan hanya itu saja, dirinya akan merasa gagal jadi pemimpin jika melihat keluarganya tidak dalam keadaan baik-baik saja.

3. Benci Perilaku dan Perkataan Buruk

Jika agama seseorang itu baik mereka akan menghindari yang namanya perilaku dan perkataan yang mengandung keburukan. Selain itu orang dengan akhlak yang mulia akan menjaga hubungan yang baik dengan manusia maupun dengan Allah.

'' Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istrinya. ''(HR. Turmudzi).

4. Tidak Ingkar Janji

Lelaki yang baik akan selalu amanah dan tidak ingkar, mau seperti apapun kondisinya dia akan berusaha untuk memenuhi semua yang telah dijanjikan kepada orang lain di masa yang akan datang.

Ingat, laki-laki yang dipegang adalah ucapannya. Jika ucapannya sudah tidak bisa lagi dipegang berarti dia telah menyia-nyiakan dua hal, wanitanya dan juga harga dirinya.

5. Sabar dan Pemaaf

Sebagai pemimpin dalam rumah tangga, sifat sabar dan pemaaf sangat penting untuk dimiliki. Sebab, dalam mengarungi rumah tangga tidak melulu soal manis dan bahagia saja, pasti akan ada banyak sekali ujian yang cukup menguji kesabaran.

Selain itu, suami yang mempunyai sifat mudah memaafkan juga bisa menjadi teladan bagi anak-anakmu dan juga bagi orang lain.

Jangan salah dalam menjatuhkan pilihan. Sebab, sekali kamu salah tidak hanya rumah tanggamu yang dipertaruhkan, tapi juga hati dan masa depanmu.

Post a Comment for "Ciri-ciri Lelaki Shaleh yang Bisa Jadi Pemimpin Rumah Tangga"