Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mudah Membedakan Orang Pintar dan Orang Sok Tau

7 Cara Mudah Membedakan Orang Pintar dan Orang Sok Tau
Images: Pixabay
Yang kelihatan lugu bisa jadi punya otak cerdas namun sengaja ditutup-tutupi, tapi yang suka gembar-gembor ngaku pintar justru kosong tidak ada isinya. Kadang penampilan yang kita lihat dari seseorang bisa menipu.

Untuk itu, butuh perhatian khusus untuk membuktikan apakah orang itu pintar atau cuma sok pintar. Berikut cara membedakan orang pintar dan orang sok pintar.

1. Banyak Diam

Orang yang pada dasarnya pintar tidak akan suka pamer agar terlihat kalau dirinya punya otak pintar. Seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk atau merendahkan diri.

Beda cerita dengan orang sok pintar, mereka sengaja pamer kemampuan agar terlihat hebat. Padahal dengan caranya pamer, orang melihatnya sebagai lawakan yang sama sekali tidak lucu. yang pada akhirnya akan mempermalukan dirinya sendiri.

2. Berpikir Cepat 

Orang dengan otak pintar punya kecepatan tinggi dalam berpikir. Misalkan, saat diwawancara mereka akan menjawab semua pertanyaan dengan cepat, tegas dan dengan penataan kata yang baik.

Namun beda dengan sok pintar, biasanya mereka sengaja mengulur-ngulus waktu dengan berbagai alasan padahal sebenarnya lagi kebingungan.

3. Berani ngambil Resiko

Kenapa orang pintar banyak yang sukses,? karena mereka berani mengambil resiko. Meski banyak yang mengangapnya naif dan nekat, dia akan tetap melakukannya. 

Kalaupun nantinya gagal, orang pintar tidak akan menyesalinya. Justru dia akan menjadikannya sebagai pengalaman berharga.

4. Tidak Suka Menggurui

Orang yang pada dasarnya pintar tidak suka menggurui orang orang lain, karena merasa dirinya masih penuh dengan kekurangan dan harus banyak berbenah diri. Semakin bertambah ilmunya akan semakin menyadari segala kekurangannya

Berbeda dengan orang sok pintar. Mereka punya hobi menggurui orang lain, merasa pendapatnya adalah yang paling benar dan harus diikuti.

5. Lebih Santai

Mereka dengan otak cerdas tidak akan merasa takut tersaingi oleh orang lain, jika ada pendapat orang sekitar yang dirasa lebih baik dari pendapatnya, mereka tidak akan ngotot untuk mempertahankan opininya sendiri.

Tidak hanya itu, mereka akan selalu terbuka dengan kritik dan saran. Namun, berbeda dengan orang sok pintar yang cenderung angkuh dan tidak mau menerima saran, bahkan mereka berusaha untuk mencari pembenaran akan pendapatnya.

6. Terus Belajar

Orang yang pintar tidak merasa kalau dirinya pintar, mereka malah merasa penuh kekurangan dan masih harus banyak belajar lagi. Karena mereka tau bahwa sepintar-pintarnya orang pasti ada yang lebih pintar lagi. 

Beda cerita dengan orang sok tau, mereka merasa semua hal bisa dia lakukan, sehingga belajar merupakan sesuatu yang tidak perlu dia lakukan.

7. Tidak Butuh Pengakuan

Langit tidak perlu berteriak kalau dirinya tinggi, begitu pula dengan orang pintar. Mereka beranggapan kalau memang dirinya pintar, orang akan tau tanpa harus dikasih tau.

Hal ini berbeda dengan orang sok pintar, mereka butuh pengakuan dan harus diakui, bahkan mereka tidak segan gembar-gembor supaya orang melihat kalau dirinya pintar.

Jangan lihat orang dari penampilannya, yang kelihatannya pintar belum tentu ada isinya. Begitu pula sebaliknya.





Post a Comment for "7 Cara Mudah Membedakan Orang Pintar dan Orang Sok Tau"