Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Sok Kaya Padahal Hidupnya Pas-pasan

Jangan Sok Kaya Padahal Hidupnya Pas-pasan
Images: nkytribune.com
Siapa sih yang tidak ingin jadi pusat perhatian karena kesuksesan yang kita miliki,? bergaya mewah dan dilihat orang dengan mata penuh kagum. Hampir semua orang pasti menginkan hal yang demikian. 

Tidak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai cara agar terlihat sukses dan kaya raya dimata publik. Tapi, jangan sampai kamu kehilangan akal sehat dengan berlagak sok kaya, pamer sana-sini padahal hidupnya pas-pasan. Berikut bahayanya berlagak sok kaya padahal hidupnya pas-pasan.

1. Merusak Nama Baik

Merusak Nama Baik
Images: Pixabay
Sebelum pamer ke publik, pastikan dulu kalau yang kamu perlihatkan sesuai dengan realita kehidupan kamu yang sesungguhnya, jangan sengaja pakai topeng demi sebuah pengakuan. Sebab, nanti begitu ketahuan wajah aslinya, nama baikmu sendiri yang akan menjadi taruhan. 

Tidak perlu sampai membuat kepalsuan, karena kalau ketahuan berbohong itu hanya akan semakin membuat image kamu jadi jelek melebihi mereka tau kehidupan kamu yang sesungguhnya. 

2. Terjebak Dalam Lilitan Hutang

Terjebak Dalam Lilitan Hutang
Images: lifepal.co.id
Orang mengenalmu dengan kehidupan yang glamor, tapi kenyataannya kamu tidak punya apa-apa. Otomatis harus pinjam sana-sini untuk mempertahankan image yang sudah terlanjur melekat. 

Kebiasaan seperti ini tidak ada dampak baiknya, semua pengakuan itu hanya semu, dan bukan tidak mungkin akan membawamu dalam lilitan hutang yang tidak berkesudahan.

3. Rasa Percaya Diri Menurun

Rasa Percaya Diri Menurun
Images: Pixabay
Semakin kamu jadi orang lain dengan pura-pura kaya, kamu akan kehilangan diri kamu sendiri. Merasa insecure dan tidak percaya diri. 

Jika terus menerus seperti ini lama kelamaan kamu akan malu dan membenci dirimu sendiri. Kenapa? karena sudah terlalu nyaman dengan kepura-puraan, sehingga untuk jujur dirasa sangat memalukan. 

4. Stres dan Tekanan Batin

Stres dan Tekanan Batin
Images: tirtojiwo.org
Sekali berbohong akan terus melakukan kebohongan baru untuk menutupi kebohongan yang sudah-sudah. Hal seperti ini hanya akan membuat stres dan tekanan batin, karena tidak ada hal yang lain yang bisa kamu lakukan selain memikirkan kebohongan. 

Beranilah untuk jujur pada dirimu sendiri, tidak usah mengharap pujian semu, kalau pada dasarnya kamu tidak punya apa-apa. Gunakan waktu sebaik mungkin, jangan dihabiskan untuk membohongi diri sendiri dan orang lain.

Itulah bahayanya jika kamu pura-pura kaya. Sebenarnya tidak perlu menyiksa diri mengharap pujian dengan hal-hal yang tidak baik. Sebab, pujian yang tulus akan datang dengan sendirinya tanpa harus melakukan beragam kebohongan. 


Post a Comment for "Jangan Sok Kaya Padahal Hidupnya Pas-pasan"