Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keistimewaan Hari Jumat yang Wajib Umat Muslim Ketahui

5 Keistimewaan Hari Jumat yang Wajib Umat Islam Ketahui
Images: Pixabay
Bagi umat islam hari jumat merupakan hari yang paling istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Untuk itu, setiap hari jumat  umat muslim disarankan melakukan berbagai kegiatan sunah untuk memperbanyak pahala. Seperti bersedekah, membaca surah Al Kahfi dan memperbanyak zikir. 

Selain dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan, hari jumat juga menyimpan banyak keistimewaan. Sebagaimana sabda Rasulullah, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. 

''Sebaik-baiknya hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan kedalam surga dan hari ketika dia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jumat'' (HR Muslim)

Berikut keistimewaan hari jumat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber dan hadis Nabi SAW.

1. Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Untukmu yang punya hajat tapi tidak kunjung jadi kenyataan, perbanyaklah berdoa pada Allah terutama saat hari jumat. Berdoa bisa hari apa saja, tapi hari jumat adalah waktu paling tepat untuk memanjatkan doa pada Allah. 

Untuk itu tidak heran jika kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak solawat pada hari jumat. 

2. Menghapus Dosa Sepekan

Keistimewaan hari jumat lainnya adalah ibadah dihari jumat menghapuskan dosa selama sepekan. Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda.

''Barang siapa yang mandi lalu berangkat jumat, kemudian mendirikan shalat semampunya, selanjutnya diam mendengarkan khutbah hingga selesai kemudian shalat bersama imam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya antara jumat itu hingga jumat berikutnya dan ditambah tiga hari lagi.'' (HR. Muslim).

3. Terhindar Dari Siksa Kubur

Sudah disebutkan dalam sebuah hadist jika ada orang yang meninggal di malam jumat atau hari jumat, maka orang tersebut akan terhindar dari siksa kubur. Dari Abdullah bin ,Amr Radhiyallahu Anhuma berkata, Rasulullah SAW. bersabda:

''Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari jumat atau pada malam jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pernyataan) kubur.'' (HR. Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya'la, dan Al-Baihaqi).

4. Hari Terbaik Untuk Sedekah

Selain hari terbaik untuk berdoa, hari jumat juga dianggap merupakan hari terbaik untuk sedekah. Sedekah sendiri adalah jenis amalan yang dapat membawa pahala berlimpah.

Sebagaimana yang dikatakan Ibnu Qayyim: ''Sedekah pada hari jumat dibandingkan dengan hari lainnya adalah sepekan, seperti sedekah pada bulan ramadhan jika dibandingkan dengan bulan lainnya.''

5. Shalat Subuh Paling Afdhal

Banyak sekali keistimewaan hari jumat bagi ummat islam, termasuk keistimewaan saat waktu subuh. Shalat subuh pada hari jumat merupakan shalat paling afdhal yang dilakukan seorang hamba. Ibnu umar mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: 

''Shalat paling abdhal disisi Allah adalah shalat subuh dihari jumat secara berjamaah.'' (HR. Al-baihaqi dalam syu'abul iman dan sishahihkan oleh Syech Al-Albani).

Itulah beberapa keistimewaan hari jumat. Jadi, perbanyaklah melakukan amal kebaikan.

Post a Comment for "5 Keistimewaan Hari Jumat yang Wajib Umat Muslim Ketahui"