Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Hal Penting Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa



Bencana alam yang sering banyak memakan korban adalah gempa, bencana alam yang satu ini memang sering menjadi teror karena tidak bisa di prediksi oleh nalar dan murni rahasia Tuhan.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, gempa di lombok yang mamakan korban 555 jiwa dan 390.5289 jiwa penduduk yang mengungsi, dengan jumlah sebanyak itu dapat anda bayangkan betapa dahsyatnya bencana gempa.

Untuk berjaga-jaga kali ini kami akan memberikan tips yang bisa kamu lakukan saat terjadi gempa. Mari di simak dengan cermat

1. Jangan Terlalu Panik

Hal pertama yang bisa anda lakukan saat terjadi gempa usahakan jangan panik, jika kamu panik tidak dapat berpikir dengan jernih dan justru akan membuatmu terjebak dalam situasi yang membahayakan.

Usahakan tetap tenang, karena pikiran yang jernih itu akan membantumu untuk bisa mengambil tindakan dengan tepat.

2. Berlindung Pada Tempat yang kokoh, seperti meja, dan tempat tidur

Saat terjadi gempa sementara anda berada dalam ruangan dan terjebak sana, yang perlu anda lakukan berlindung ditempat yang kokoh untuk menghindari reruntuhan. Seperi dibawah meja dan tempat tidur.

Tapi usahakan carilah meja atau tempat tidur yang kokoh agar reruntuhannya lebih dulu menimpa benda tadi ketimbang tubuhmu.

3. Matikan Kompor

Ingat saat terjadi gempa pastikan kompor dalam keadaan mati. Sebab, saat gempa terjadi dan kompor masih menyala ini dikhawairkan dapat berpotensi masalah baru seperti kompor meledak dan terjadi kebakaran.

4. Keluar Dari Kendaraan Yang Bergerak

Mungkin dari kalian ada yang berpikir, saat gempa terjadi kita harus melaju dengan kecepatan tinggi menggunakan kendaraan untuk menghindar. Gagasan seperti itu sangatlah tidak benar, justru sebisa mungkin kita harus turun dari kendaraan tersebut karna di khawatirkan kendaraan pun ikut terombang ambing dan terbalik, dan kesempatan kita untuk menyelamatkan diri sangatlah kecil.

5. Cari Tempat Terbuka

Gempa bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi, saat terjadi gempa anda juga bisa berlindung di tempat terbuka. Ini sangat penting, dengan menjauhi bangunan atau pepohonan peluang anda untuk selamat masih besar.