Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Lebih Bijak, Pahamilah 7 Masalah Dalam Rumah Tangga Yang Sering Terjadi



Rumah tangga yang kelihatan adem ayem bukan tidak mungkin tanpa konflik dan juga masalah. Mungkin saja mereka mampu bersikap demikian karena sudah matang kedewasaan akibat benturan cobaan dan masalah yang sering mereka hadapi.

Karena pada hakikatnya membangun biduk rumah tangga itu bisa menjadi ibadah sekaligus melatih kesabaran seberapa kuat kita bertahan. Untuk itu suami istri perlu tau dan pahami penyebab timbulnya masalah dalam rumah tangga mereka, Supaya lebih bijak dalam menyikapinya.

Inilah Masalah Umum Yang Sering Terjadi Dalam Rumah Tangga

1. Soal Keuangan 

Masalah yang sering terjadi dalam rumah tangga adalah soal keuangan, masalah ini memang terasa cukup pelik ketika menjalankan biduk rumah tangga.

Karena keterbatasan ekonomi, kebutuhan banyak yang tidak terpenuhi dan ini bisa menjadi penyebab timbulnya masalah. Misal istri sering emosi dan tidak patuh pada suami.

2. Perselingkuhan

Sudah banyak sekali kita mendengar rumah tangga cerai berai akibat perselingkuhan. Masalah seperti ini biasanya terjadi di sebabkan beberapa faktor seperti kurangnya perhatian dari pasangan, keuangan, bahkan masalah hubungan ranjang yang tak terpuaskan.

3. Kurang Trampil Mengurus Rumah

Biasanya masalah ini sering terjadi di pihak istri, seperti istri kurang trampil dalam mengurus rumah tangga. Istri kurang pandai memasak, mencuci pakaian dan mengurus kebutuhan dasar suami. Hal seperti inilah yang akan membuat suami kecewa dan bahkan mungkin menyesal.

4. Terlalu Ikut Campurnya Sosok Mertua 

Orang tua merupakan sosok yang harus di bahagiakan di hari tua. Namun jika terlalu mencampuri urusan rumah tangga mereka ini bisa menjadi masalah antar suami istri. Misal, suka berkomentar, sering menuntut dan bahkan menghandle kebutuhan rumah tangga anak-anaknya.

5. Perbedaan

Pada hakikatnya ikatan pernikahan itu menyatukan dua insan yang berbeda. Baik itu dalam segi sikap, latar belakang, karakter dan juga kepribadian. Dan perbedaan itulah yang akan menambah warna dalam rumah tangga. Namun untuk orang yang masih awam perbedaan ini yang akan menjadi penyebab datangnya masalah seperti, ketidak cocokan dan beragam masalah lainnya.

6. Komunikasi

Tak jarang dengan kesibukan masing-masing komunikasi antara suami istri jadi terganggu. Dengan kesibukan itu waktu untuk berbincang jadi berkurang. Bahkan untuk sekedar Curhat, meluapkan rasa atau cuma memberi kabar, serasa gak punya waktu dan kesibukan itulah yang bisa menjadi awal kesalah pahaman.

7. Ketidak Hadiran Buah Hati

Rasanya kurang lengkap menjalani rumah tangga tanpa kehadiran anak. Kehadiran anak memang merupakan impian bagi setiap pasangan suami istri. Banyak kasus yang seperti ini setelah bertahun-tahun menikah tidak kunjung memiliki keturunan. Hal ini juga bisa menjadi konflik antara suami istri seperti saling menyalahkan dan merasa paling benar.

Nah apapun konflik yang terjadi dalam rumah tangga anda dan apapun masalahnya atasi dengan cara baik-baik. Berusahalah untuk saling terbuka dan jangan memendam masalah karena bukan tidak mungkin masalah yang di pendam bisa menjadi bom waktu dan berusahalah untuk tidak egois dan saling memahami satu sama lain.