Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan, Sesuai Hadist Nabi SAW

5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan, Sesuai Hadist Nabi SAW
Images: Pixabay
Memasuki bulan suci Ramadhan semua umat islam dianjurkan untuk mengumpulkan amalan sebanyak-banyaknya, Kenapa? karena dibulan Ramadhan banyak menyimpan keistimewaan yang lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain.

Tidak hanya itu, dibulan Ramadhan segala amal kebaikan akan dilipat gandakan dan masih banyak keistimewaan yang lain. Berikut ini Keistimewaan Bulan Ramadhan.

1. Rukun Islam

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar dengan apapun, sebab ibadah yang satu ini merupakan rukun islam yang ke 4, artinya belum sempurna diri seorang muslim jika tidak menunaikan salah satu rukun islam. 

Nabi SAW bersanda: ''Islam itu dibangun di atas lima perkara: syahadad (persaksian) bahwa tidak ada ilah (sembahan) yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasul (utusan) Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berhaji ke baitullah dan berpuasa di bulan Ramadhan)'' (HR al-Bukhari: 8 dan Muslim: 16)

2. Menghapus Dosa yang Lalu

Menunggu satu tahun sekali umat islam untuk berjumpa lagi dengan bulan penuh ampunan ini, dan salah satu keistimewaannya ialah dihapusnya segala dosa-dosa dimasa lalu. Ini menunjukkan betapa bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan yang luas.

Nabi SAW bersabda: ''Barang siapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.'' (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

3. Pahala Berlipat Ganda

Salah satu bukti keistimewaan bulan Ramadhan itu adalah dengan dilipat gandakannya semua amalan yang kita lakukan, pahala yang didapat jauh lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. 

Nabi SAW bersanda: ''Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan, dilipat gandakan menjadi 10 sampai 700 kali lipat. Allah SWT berfirman: 'Kecuali puasa karena puasa adalah Untuk-ku dan Aku-lah yang membalasnya. Dia meninggalkan kesenangan sahwatnya dan makanannya karena=Ku,'' (HR Muslim).

4. Makbulnya Doa-doa

Doa-doa yang dipanjatkan oleh orang berpuasa mudah melangit dan dijabah oleh Allah, ini menunjukkan betapa Allah tidak main-main dalam memberi keistimewaan dibulan suci Ramadhan. 

Nabi SAW bersabda: ''Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.'' (HR. Al Bazaar)

5. Perantara Masuk Surga

Surga merupakan tempat terindah yang dirindukan oleh setiap orang, saking mahalnya surga tidak semua orang bisa menjadi penghuninya. Namun ada golongan orang yang punya peluang untuk menjadi penghuni surga, dialah orang yang berpuasa dibulan suci Ramadhan. InsyaAllah

Itulah beberapa keistimewaan bulan Ramadhan.

Post a Comment for "5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan, Sesuai Hadist Nabi SAW"