Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Janji Allah kepada Orang yang Menikah, Tercatat Dalam Alquran

4 Janji Allah kepada Orang yang Menikah, Tercatat Dalam Alquran
Images: Pixabay
Allah sudah menciptakan manusia lengkap dengan rezeki dan pasangannya masing-masing, tinggal bagaimana cara kita dalam menjemputnya. Perihal menikah, ternyata ada loh orang yang takut untuk membangun sebuah hubungan yang bernama pernikahan, entah karena takut untuk berkomitmen, atau memang takut hidup susah setelah menikah.

Padahal, dibalik anjuran menikah Tuhan sudah menjanjikan sesuatu pada orang yang benar-benar ingin membangun mahligai rumah tangga ikhlas karena Allah. Berikut diantara janjinya:

1. Allah Jamin Rezekinya

Salah satu problem yang menjadi alasan kenapa orang takut menikah yakni takut rezekinya berkurang karena harus menghidupi anak dan istri, takut karir terhambat karena sudah punya pasangan. Padahal, Tuhan sang maha memberi rezeki sudah menjamin semuanya, dan doa sang istri akan menjadi sumber rezeki yang mengalir tanpa henti.

''Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, ''ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).'' Malaikat yang lain berdoa, ''ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang engan bersedekah (memberi nafkah).'' (HR. Bukhari, no. 1442; Muslim, no. 1010)

2. Allah Permudah Orang-orang yang Ingin Menikah

Marasa insecure dengan diri sendiri yang penuh dengan kekurangan, takut di tolak dan takut gak mampu mengambil anak orang untuk dijadikan pasangan. Ini manusiawi, karena setiap orang punya tingkat kesadaraan masing-masing. Namun jangan sedih, Allah sudah berjanji akan mempermudah jalanmu untuk menikah jika niatnya lillahi ta'ala.

''Dan kawinlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkahwin) dari hamba-hamba sehayamu yang lelaki dan hamba-hamba sehayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan mampukan mereka dengan karunia-Nya.'' dan Allah Maha luas (pemberianya-Nya_ lagi maha mengetahui.'' (QS-An-Nuur: 32)

3. Allah Jaga Kesuciannya

Mengaca pada pegaulan dizaman ini benar-benar miris dan bikin prihatin, pergaulan bebas dan zina secara terang-terangan dianggap seolah bukan hal yang mengundang dosa. Itulah salah satu alasan kenapa anjuran menikah harus segera dilakukan, karena Allah ingin menjaga kesucianmu dari hal-hal yang pada akhirnya akan merusak hidupmu sendiri. 

''Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah: (1) orang yang berjihad di jalan Allah, (2) orang yang menikah demi menjaga kesuciannya, (3) budah mukatab yang ingin membebaskan dirinya.'' (HR. An-Nasa'i, no. 3218)

4. Allah Akan Ganti Nafkah yang Kamu Keluarkan

Apapun yang kamu keluarkan untuk keluarga baik berupa materi, tenaga dan pikiran akan Allah balas dengan sejuta kebaikan. Ini merupakan bukti betapa mulianya orang menikah kerena Allah.

''Allah tabaraka wa Ta' ala berfirman: Wahai anak adam, berinfaqlah, Allah akan mengganti infaqmu.'' (HR. Bukhari, no. 4684; Muslim, no. 993)

Itulah beberapa janji Allah untuk orang yang menikah. Untuk itu jangan takut membangun rumah tangga, menikahkah ketika dirasa sudah cukup mampu lahir dan batin.

Post a Comment for "4 Janji Allah kepada Orang yang Menikah, Tercatat Dalam Alquran"