Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masya Allah, 6 Manfaat Sering Membaca Al-quran Bagi Ibu Hamil

Masya Allah, 6 Manfaat Sering Membaca Al-quran Bagi Ibu Hamil
Images: Pixabay
Kebenaran Al-qur'an sudah perlu dipertanyakan, manfaat dan keutaaman bagi siapa saja yang membaca sekaligus mengamalkan sudah Allah janjikan. MasyaAllah-nya lagi manfaat yang dirasakan tidak hanya bagi manusia yang sudah lahir saja, bagi bayi yang berada dalam kandungan juga akan merasakan manfaat yang luar biasa. Itulah kenapa ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk sering-sering membaca Al-qur'an agar janin yang berada dalam kandungan bisa tumbuh kembang dengan baik.

Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan bayi ketika sering mendengar ayat-ayat suci Al-quran. 

1. Menenangkan Janin

Tidak dipungkiri bahwa ibu yang sedang hamil cenderung lebih sensitif dari biasanya, mudah emosi, mudah tersinggung. Bahkan, kadang dirinya sendiri tidak tau maunya apa. Ketidak stabilan emosi tersebut bisa berdampak kurang baik pada janin yang berada dalam kandungan, dan jika dibiarkan terus menerus bisa berakibat fatal.

Untuk menenangkan bayi yang berada dalam kandungan terlebih dulu untuk memberi ketenangan pada ibunya dengan membaca ayat suci Al-qur'an. Hal ini sangat berpengaruh pada pendengaran, dan saraf emosi akan tumbuh ketika janin berada dalam rahim.

2. Meningkatkan Kecerdasan Janin

Lantunan ayat-ayat suci Al-qur'an yang dibacakan selama masa kehamilan ternyata meningkatkan kecerdasan bagi bayi loh. Bayi yang sering mendengar bacaan Al-quran ketika lahir insyaAllah akan menjadi bayi yang punya kecerdasan luar biasa. 

Selain itu, mereka akan lebih mudah peka dan punya kepedulian yang tinggi.

3. Mendapat Supply Hormon Bahagia

Alasan lain kenapa ibu hamil dianjurkan untuk sering membaca Al-qur'an adalah supaya janin yang berada dalam perut mendapatkan rasa tenang dan bahagia. Sebab, ketenangan dan rasa nyaman akan mampu meningkatkan hormon serotonim dalam tubuh ibu hamil, dan nantinya akan berdampak sangat baik bagi bayi yang berada dalam kandungan.

4. Mudah Diarahkan 

Bagaimana sifat dan bentuk dari anak tergantung bagaimana cara orang tua dalam mendidik dan mengarahkan. Untuk itu, sebagai orang tua pandai-pandailah dalam usaha menjadi penutan bagi anaknya nanti. 

Kalau menginginkan anak yang baik dan paham akan agama didik dia sedari dalam kandungan, dengan sering membaca atau didengarkan lantunan ayat suci Al-qur'an.

5. Memiliki Moralitas yang Tinggi

Orang tua mana yang tidak bangga jika melihat anaknya tumbuh dengan miliki moral dan adab yang bagus. Untuk itu orang tua dianjurkan untuk sering membaca Al-qur'an lebih-lebih semasa kehamilan.

Sebab, kepribadian anak harus dibentuk sejak dalam kandungan agar ketika lahir mudah diarahkan dan tau mana yang pantas dan tidak pantas dilakukan.

6. Punya Daya Ingat yang Tinggi dan Mudah Menghafal

Anak yang sedari kandungan sudah terbiasa mendengar bacaan Al-qur'an cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik daripada anak kebanyakan. dan ingatan atau memori yang tajam akan mempermudah anak tersebut untuk menghafal sesuatu termasuk menghafal Al-qu'an itu sendiri.

Itulah beberapa manfaat membaca Al-qu'an bagi ibu hamil.

Post a Comment for "Masya Allah, 6 Manfaat Sering Membaca Al-quran Bagi Ibu Hamil"