Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Golongan Orang Paling Merugi Di Dunia dan Akhirat

5 Golongan Orang Paling Merugi Di Dunia dan Akhirat
Images: Pixabay
Seperti yang perintahkan oleh agama kita hidup didunia ini harus hati-hati, karena segala tindak-tanduk yang kita lakukan pasti akan menemukan balasannya diakhirat kelak. dan kalau tidak beruntung kita akan mendapatkan penyesalan yang tiada akhir. 

Rugi tidaknya kita diakhirat kelak tergantung bagaimana perilaku kita selama didunia, kalau baik syukur Alhamdulilah, kalau buruk sebaiknya diubah mumpung Tuhan masih memberi kesempatan agar tidak menjadi orang yang merugi. Berikut ini golongan orang paling merugi diakhirat.

1. Terlalu Cinta Akan Dunia

Dunia hanyalah tempat persinggahan, tempat dimana kita mengumpulkan banyak amalan untuk bekal kita diakhirat nanti. Itulah kenapa sebagai umat muslim yang baik kita dianjurkan untuk tidak terlalu mencintai dunia. Mau tidak mau, suka atau tidak suka pada akhirnya kita akan meninggalkan dunia yang fana ini.

Kemungkinan terburuknya, orang yang terlalu cinta akan dunia sampai melupakan akhirat adalah orang yang paling merugi. 

Nabi SAW bersabda: ''Siapa yang begitu gila dengan dunianya, maka itu akan memudaratkan akhiratnya. Siapa yang begitu cinta akhiratnya, maka itu akan mengurangi kecintanya pada dunia. Dahulukanlah negeri yang akan kekal abadi (akhirat) dari negeri yang akan fana (dunia).'' (HR. Ahmad), 4:412

2. Berburuk Sangka

Orang dengan pikiran yang negatif cenderung melakukan hal-hal tercela, seperti pemarah, iri, dengki dan masih banyak perbuatan tercela lainnya, itulah kenapa umat islam dianjurkan untuk selalu bersangka baik. Tidak hanya pada sesama, pada Allah kita juga harus bersangka baik, karena apapun yang terjadi dalam hidupmu sudah Allah atur dan dijamin hal itu terjadi karena Allah punya maksud yang baik. 

Dampak buruknya orang yang selalu berprasangka tidak baik itu adalah dimasukkkannya mereka dalam golongan orang paling merugi diakhirat.  

Nabi SAW bersabda: ''Jauhi prasangka, karena prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta'' (HR. Bukhari-Muslim).

3. Memutuskan Tali Silaturahmi

Sebagai hamba yang baik kita diwajibkan untuk menjaga tali persaudaraan agar tetap terjalin dengan baik, karena jarak dan rasa malas bukan alasan untuk memutuskan silaturahmi. Lagi pula kita juga tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sekuat-kuatnya pasti sampai pada titik dimana kita butuh pertolongan orang lain. 

Selain itu, mempererat tali silaturami tidak hanya memberi dampak baik didunia tapi juga akan membawa keberuntungan pada kita diakhirat kelak. Insya Allah.

4. Pelit

Dunia, Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai macam latar belakang ada yang berkecukupan, dan ada yang hidupnya penuh kekurangan. Sejatinya yang kaya diwajibkan untuk meringankan beban orang yang membutuhkannya, karena rezeki melimpah yang saat ini dimiliki bisa jadi ada rezeki orang lain yang sengaja Allah titipkan untukmu. 

Jadilah manusia yang tidak pelit dan mau enak sendiri sementara saudaranya masih merasakan sakit.

5. Mengumbar Aib Orang Lain

Kurang jahat apalagi? Tuhan sudah menutup aib orang lain, sementara kamu dengan bangganya mengumbar tanpa sedikitpun merasa bersalah. Padahal, tanpa diumbar orang yang punya aib juga sudah merasa tersiksa.

Orang dengan sifat suka membongkar aib orang lain sebaiknya banyak-banyak berdoa agar Allah tidak buka aibnya ke khalayak ramai. Karena bagaimanapun sebagai manusia kamu juga punya aib, dan orang yang kamu permalukan juga punya mulut untuk bersuara. 

Orang yang suka mengumbai aib saudaranya tidak hanya dibenci didunia, tapi juga menjadi orang paling rugi diakhirat. Nauzubillah min zalik.

Itulah beberapa orang paling merugi diakhirat. Semoga kita dimasukkan dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "5 Golongan Orang Paling Merugi Di Dunia dan Akhirat"