Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Sulit Bahagia yang Harus Diwaspadai

5 Penyebab Sulit Bahagia yang Harus Diwaspadai
Images: Shutterstock
Bahagia, setiap orang pasti ingin bahagia. Namun untuk mewujudkan bahagia itu sendiri sangatlah tidak mudah, banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam dengan tujuan ingin bahagia. Jalan-jalan keluar negeri, shoping, dan perilaku ekstrem seperti merombak fisik juga tujuannya sama aja ingin mencari kepuasan atau kebahagiaan. 

Namun, sebelum mengeluarkan banyak biaya hanya karena ingin bahagia ada baiknya pahami apa saja hal yang menghambatmu untuk bahagia. Sebab tidak jarang uang dan hal yang disebutkan diatas tidak mampu membuat hati bahagia. Berikut penyebabnya:

1. Berekspektasi Terlalu Tinggi

Tidak ada yang salah dengan berharap, bahkan kita harus menggantungkan harapan setinggi mungkin untuk mengubah kedaan menjadi lebih baik. Namun jangan terlalu berekspektasi terlalu tinggi jika tidak dibarengi dengan usaha yang keras dan pantang menyerah, karena yang namanya harapan bisa terwujud atau bisa juga gagal.

Berharap sewajarnya saja, untuk hal-hal yang diluar kapasitas usahamu sebaiknya jangan berharap lebih. sebab nanti yang kamu dapat cuma stres dan sulitnya hati untuk bahagia. 

2. Mengeluh

Memang kadang yang terjadi dalam hidup ini tidak semua sesuai dengan keinginan kita, ada sesuatu yang terasa memuakkan untu dijalani. Namun secara tidak sadar ketidak senangan itu yang kadang merenggut kesempatan kita untuk bahagia. Dikasih ini ngeluh, dikasih itu ngeluh, lalu kapan menikmatinya? 

Cobalah untuk sedikit lebih menerima dan cari kebaikan apa yang bisa dipetik dari sesuatu yang tidak menyenangkan itu, karena sedikit banyaknya pasti ada hikmah yang bisa diambil dari hal yang kamu anggap tragedi itu.

3. Berpikir Negatif

Orang dengan pikiran negatif akan memandang segala sesuatu dengan buruk, bahkan untuk hal-hal yang tidak mungkin terjadi sudah dipikirkan. dan orang seperti itu akan sulit untuk menemukan kebahagian dalam hidupnya. 

Sebab, segalanya ia pandang buruk serta sulitnya diri untuk berdamai dengan keadaan. Padahal terkadang yang terjadi dalam hidup ini juga sesuai dengan prasangka kita sendiri. Jadi bersangkalah yang baik-baik.

4. Sulit Berdamai Dengan Diri Sendiri

Bagaimana caranya bisa menikmati hidup, sedangkan untuk berdamai dengan diri sendiri saja tidak bisa. Perlu diingat, bahagia itu berawal dari dalam hati dan kita sendiri yang menciptakan. Sulitnya hati untuk menerima, baik itu masa lalu atau fisik akan menghambat kita untuk bahagia.

Tidak hanya itu, kemungkinan terburuk dari hati yang selalu bersangka buruk adalah hilangnya kesempatan untuk bahagia, karena waktumu sudah dihabiskan dengan bersedih hati. 

5. Iri Hati

Busuknya hati orang iri itu tidak pernah suka kalau lihat orang senang, dan senang melihat orang susah. anehnya mereka akan merasakan kepuasan dengan melakukan hal-hal itu. Tapi sejatinya itu bukan kebahagian dalam arti sesungguhnya, sebab tidak ada kebahagiaan hasil dari menyakiti hati orang lain. 

Orang iri juga tidak pernah melihat apa yang ada dalam dirinya karena mereka sibuk melihat nikmat orang lain, sekaligus mencari celanya. Alhasil hidupnya akan dihabiskan untuk hal-hal yang gak berguna semacam itu. 

Post a Comment for "5 Penyebab Sulit Bahagia yang Harus Diwaspadai"