Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Golongan yang Diharamkan Masuk Surga, Tercatat Dalam Alquran

3 Golongan yang Diharamkan Masuk Surga, Tercatat Dalam Alquran
Images: detroitjournalism
Surga adalah tempat yang Allah janjikan bagi hamba-hamba yang beriman, siapapun bisa mempunyai peluang untuk menjadi salah satu penghuninya. Tapi, ada beberapa golongan yang diharamkan untuk memasuki surga Allah. Dimana mereka adalah orang-orang yang sengaja ingkar dan meyepelekan murka Allah kepadanya. 

Berikut 3 golongan orang yang diharamkan masuk surga, tercatat dalam Al-qur'an.

1. Orang yang Durhaka

Sebagai manusia yang dilahirkan lewat perantara orang tua sudah seharusnya berbakti sebagaimana yang diajarkan dalam agama islam. Bahkan, saking pentingnya berbakti sama orang tua sampai-sampai surga berada ditelapak kakinya. 

Jadi, jangan harap masuk surga jika kewajiban sama orang tuamu belum ditunaikan dengan baik. Tidak hanya itu, dalam Al-qur'an sudah dijelaskan bahwa haram surga dimasuki oleh anak durhaka. 

Allah SWT berfirman: ''Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkan kapada keduanya perkataan yang baik.'' (QS Al Isra (17): 23). 

2. Pecandu Khamr

Di zaman modern ini minuman keras dianggap hal lumrah dan wajib dinikmati, padahal selain tidak baik untuk kesehatan, pecandu minuman keras juga diharamkan memasuki surga Allah. Ini menandakan betapa dilarangnya barang haram ini untuk dikonsumsi.

Nabi SAW bersabda: ''Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya,  yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya.'' (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah).

3. Dayyuts

Sifat dayyuts adalah minimnya rasa cemburu yang terdapat dalam diri suami, membiarkan istri malakukan maksiat dan mengumbar aurat untuk dinikmati mata laki-laki lain. Padahal, dosa yang istri perbuat sepenuhnya ditanggung suami dan Allah mengharamkan surga baginya.

Allah berfirman: ''Hai orang-orang yang beriman, perihalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.'' (At-Tahrim/66:6).

Itulah golongan orang yang Allah haramkan memasuki surganya. Semoga kita bukan orang-orang yang merugi.

Post a Comment for "3 Golongan yang Diharamkan Masuk Surga, Tercatat Dalam Alquran"