Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Keumataan dan Balasan Sedekah Air, Jadi Amal Jariyah

4 Keumataan dan Balasan Sedekah Air, Jadi Amal Jariyah
Images: Pixabay
Sedekah dalam islam memiliki banyak keutaman, tidak hanya bermanfaat untuk orang lain tapi Allah janjikan kemuliaan bagi orang yang malakukannya. Rasulullah SAW bersabda: ''Hai anak adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), Niscaya aku memberikanmu nafkah kepadamu''. (HR Muslim)

Jenis sedekah yang kamu keluarkan dijalan Allah memiliki keistimewaan masing-masing, termasuk ketika bersedekah air akan Allah ganjar dengan pahala yang berlimpah-limpah. Sedekah yang satu Ini mungkin kelihatan sederhana tapi dimata Allah sangat bernilai harganya. Berikut keutamaannya:

1. Dapat Ampunan Dari Allah

Meski terlihat sederhana sejatinya bersedekah air akan mamudahkan kita dalam mencari ampunan Allah, mampu membuka pintu-pintu yang tidak sembarang orang mampu untuk mengetuknya. Ini merupakan bukti bahwa Allah tidak pernah main-main dalam memberi balasan pada setiap kebaikan yang kita lakukan sekecil apapun itu.

Dari Abu Hurairah Nabi SAW bersabda: ''Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambil air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah'' (HR. Al Bukhari no. 3321, Muslim no. 2245)

2. Pahala Terus Mengalir

Orang paling bahagia ialah yang sudah terputus nafasnya tapi pahala terus mengalir dengan deras, itulah yang namanya pahala jariyah yang tidak akan pernah putus. Bayangkan, ketika bersedekah dengan membuat sumur yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak, bisa dihitung berapa banyak doa yang terus mengalir dari orang-orang yang merasakan dampak dari perbuatan baikmu.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda: ''Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga macam, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dapat diambil manfaatnya, atau anak shaleh yang mau mendoakannya.'' (HR Muslim)

3. Sedekah Untuk Ibu

Bakti seorang anak tidak cukup kalau hanya didunia saja, ketika orang tua lebih dulu Allah panggil tugas kita ialah dengan mengirim doa dan malakukan kebaikan-kebaikan atas namanya, salah satunya dengan bersedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah.

''Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas namanya beliau?'' .Nabi SAW menjawab: ''Boleh''. Sa'ad bertanya lagi: ''Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?''. Nabi SAW menjawab: ''Sedekah berupa air minum'' (HR. An Nasa'i no. 3666)

4. Pahala Dihari Kiamat

Kelak Dihari kiamat orang akan sibuk dengan dirinya sendiri tanpa sempat memikirkan urusan orang lain, dan selain Allah tidak ada yang memberi pertolongan kecuali amalan masih-masing. Itulah kenapa sebagai muslim yang percaya dengan adanya hari akhir dianjurkan untuk menyiapkan bekal sebanyak-banyak.

''Barangsiapa mengaliri air, maka tiada meminum darinya mahluk hidup dari bangsa jin, manusia, dan burung kecuali Allah akan memberinya pahala dihari kiamat.''(Imam Bukhari)

Post a Comment for "4 Keumataan dan Balasan Sedekah Air, Jadi Amal Jariyah"