Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Membaca dan Mengamalkan Al quran Menurut Hadist, Jangan Lewatkan

7 Manfaat Membaca dan Mengamalkan Al quran Menurut Hadist, Jangan Lewatkan
Images: Pixabay
Al-Quran adalah kitab suci yang menjadi pedoman bagi umat islam, membaca serta mengamalkannya merupakan kewajiban yang seharusnya dilakukan secara rutin dan bersungguh-sungguh. karena dalam Al-qur'an terdapat banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan bagi siapa saja yang mengamalkannya. Bahkan, Allah sudah menjanjikan balasan khusus bagi hamba yang rajin membaca Al-qur'an.

Berikut ini 7 balasan istimewa bagi hamba yang rajin membaca dan mengamalkan Al-qur'an setiap hari. 

1. Pahala Melimpah

Sering-seringlah membaca kisab suci Al-qur'an, karena Allah menjanjikan pahala tanpa batas bagi hamba yang rajin membaca dan mengamalkannya, ini sebagai balasan istimewa dari Allah yang paling utama. 

Nabi SAW bersabda: ''Siapa yang membaca satu huruf dari Al-qur'an, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.'' (HR. Tirmidzi).

2. Ditinggikan Derajatnya

Jangan berkecil hati, karena kamu adalah yang paling tinggi dihadapan Allah jika kamu rajin mengamalkan Al-qur'an, sesuai dengan janjinya Allah akan mengangkat derajat orang yang menjadikan Al-qur'an sebagai pedoman hidup dan menjadkan Al-qur'an sebagai teman dalam setiap langkahnya. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Allah ta'ala mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini (Al-Qur'an) dan dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula.'' (HR Muslim)

3. Pahala Seperti Shalat Sepanjang Malam

Pahala Seperti Shalat Sepanjang Malam
Images: stutterstock
Orang yang rajin mengamalkan dan membaca Al-qur'an, Allah beri pahala setara dengan orang yang malaksanakan shalat sepanjang malam. Ini merupakan bukti betapa Allah tidak main-main dalam memberi balasan bagi hamba yang malakukannya. 

Nabi SAW bersabda: ''Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.'' (HR. Ahmad).

4. Dimuliakan Allah

Dimuliakan Allah
Images: Pixabay
Seburuk apapun kamu dimata manusia, Allah tetap memuliakan hamba yang bersungguh-sungguh dalam mengamalkan Al-qur'an. Yang penting hati tulus, mau itu lancar ataupun terbata-bata Allah akan memberi balasan yang setimpal. MasyaAllah. 

Aisyah radhiyallahu 'anha berkata bahwa Rasululah shallalalahu 'alaihi wasallam bersabda: ''Seorang yang lancar membaca Al-qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah. Adapun yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata atau kesulitan dalam bacaan tersebut maka baginya dua pahala'' (HR. Muslim).

5. Mendapat Syafaat

Berbahagialah bagi orang yang rajin membaca dan mengamalkan Al-qur'an, sebab Allah menjanjikan syafaat (Pertolongan) dihari kiamat kelak, dimana saat semua mahluk potang-panting membutuhkan pertolongan, disaat itulah buah dari kebiasaanmu membaca dan mengamalkan Al-qur'an bisa dirasakan. InsyaAllah.

''Abu Umamah Al Bahily ra. berkata: ''Aku telah mendengar Rasullah SAW bersabda: ''Bacalah Al-Qur'an karena sesuangguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya.'' (HR. Muslim).

6. Obat Segala Penyakit

Obat Segala Penyakit
Images: Pixabay
Alqur'an adalah obat dari setiap penyakit yang sedang diderita, dan sebagai umat muslim yang baik kita tidak seharusnya meragukan akan hal ini, sebab kebenaran Al-quran sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. 

Untuk itu, ketika sedang berikhtiar menghilangkan masalah atau suatu penyakit maka ada baiknya diselingi dengan mengamalkan Al-qur'an dalam setiap usahamu. 

Allah berfirman: ''Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus {10}:57).

7. Penenang Hidup

Merasa hidup gak tenang. kacau dan berantakan? Jika iya, periksa lagi mungkin ada yang salah dengan hatimu, jarak antara kamu dan Tuhan mungkin sudah sangat jauh. Segera sirami hati dengan Al-qur'an agar kembali tenang, karena tidak hanya tubuh tapi hati juga butuh gizi.

''Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.'' (QS. Ar-Ra'd Ayat 28)

Itulah beberapa manfaat yang dirasakan hamba yang rajin membaca dan mengamalkan Al-qur'an.

Post a Comment for "7 Manfaat Membaca dan Mengamalkan Al quran Menurut Hadist, Jangan Lewatkan"