Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada, Ini 5 Penyebab Terhalangnya Jodoh Menurut Islam

Waspada, Ini 5 Penyebab Terhalangnya Jodoh Menurut Islam
Images: Pixabay
Setiap orang pasti ingin mendapatkan jodoh yang baik, dan sesuai dengan ekspektasi, namun tidak semua insan memiliki keberuntungan yang sama dengan menemukan jodoh dengan cepat sesuai harapan. Ada yang harus menahan sakit menerima cemoohan karena diusia yang sudah cukup untuk menikah belum juga ketemu jodoh.

Jodoh memang sudah Allah atur dan punya bagian masing-masing, tapi terkadang jalan untuk mempertemukannya itu yang susah. Untuk itu, jika sampai saat ini belum kunjung bertemu jodoh, mungkin ada sesuatu yang menghalangi. Apa aja itu? Berikut diantaranya: 

1. Kriteria Jodoh Terlalu Tinggi

Setiap orang tentu memiliki gambaran seperti apa calon yang baik menurut versi masing-masing. Itu gak salah, sebab elektif dan punya kriteria khusus dalam memilih pasangan memang harus agar tidak salah pilih, namanya juga orang lagi mencari pendamping hidup. 

Namun, jika kriteria yang kamu targetkan terlalu tinggi siap-siap saja jika pada akhirnya akan kecewa. Karena jodoh itu cerminan diri, baik buruknya jodohmu tergantung bagaimana sifat yang ada dalam dirimu saat ini. Untuk itu, jika ingin mematok kriteria calon pasangan ngaca dulu pada diri sendiri. Udah pantas belum jika Allah sandingkan dengan orang yang baik.

2. Terlalu Berharap Pada Seseorang

Seseorang yang terlalu mengantungkan harapan kepada mahluk yang bergelar manusia sedikit banyaknya pasti akan merasakan yang namanya kecewa. Karena manusia sama sekali tidak punya jaminan untuk tidak mematahkan hatimu.

Berharap dan mintalah jodoh terbaik pada Allah, dan jika seseorang yang kamu harapkan pergi menjauh berarti dia bukan jawaban dari doa-doa yang kamu panjatkan. Allah SWT berfirman: ''Dan kepada Rabmulah hendaknya kamu berharap'' (QS. Al-Insyirah).

3. Banyaknya Dosa

Jika sampai saat ini kamu merasa kesulitan untuk menemukan jodoh, coba hitung berapa banyak dosa yang telah kamu lakukan, sudah berapa jauh kamu melupakan Allah, dan kapan terakhir kamu mohon ampunan pada Allah. 

Sebab banyaknya dosa-dosa juga menjadi hal yang menghalangi jodoh untuk mendekat. Bertaubatlah, dan lihat keajaiban apa yang akan terjadi pada kisah cintamu.

4. Belum Ada Kesiapan Hati

Kadang mulut berkata ingin, tapi dalam relung hati berkata tunggu. Itulah problematika seseorang yang ingin menikah cuma karena ikut-ikutan, didesak umur dan lain sebagainya. 

Santai aja dulu dan tunggu prosesnya, mungkin kita disuruh untuk bersabar dan menunggu rencana Allah, karena cuma Allah yang paling tau kapan waktu yang tepat untuk kita menikah.

5. Terbuai Indahnya Pacaran

Dalam islam pacaran sebelum halal itu jelas-jelas dilarang, sebab tidak ada untungnya dan hanya merugikan diri sendiri. Dan seseorang yang terlalu jauh terbuai indahnya pacaran akan sulit untuk menemukan jodoh. 

Percayalah, hubungan yang dijalani kalau tidak putus pasti hanya akan berjalan ditempat. Sebab, tidak ada hubungan yang hakiki dari sesuatu yang diawali dengan dosa.

Post a Comment for "Waspada, Ini 5 Penyebab Terhalangnya Jodoh Menurut Islam"