Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Ingkar, 7 Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Islam

Jangan Ingkar, 7 Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Islam
Images: Pixabay
Pernikahan tidak hanya sebatas hidup bersama dalam satu atap sampai maut memisahkan, ada hal yang jauh lebih penting daripada itu, yakni mengenai kewajiban-kewajiban yang kadang banyak orang tidak tau bahkan cenderung menyepelekannya, 

Padahal, dalam islam sangat dianjurkan untuk menunaikan kewajiban-kewajiban yang memang udah selayaknya, lebih-lebih seorang suami. Dimana laki-laki memiliki peran paling penting dalam pondasi rumah tangga, karena baik buruknya istri tergantung bagaimana didikan suaminya. Berikut ini kewajiban laki-laki setelah menikah yang harus ditunaikan. 

1. Kasih Sayang

Ketika kamu memilih seseorang untuk menjadi teman hidup, teman berbagi, teman curhat dan teman yang akan mengarungi bahtera rumah tangga bersama, itu artinya kamu juga harus siap memberi kasih sayang kapadanya. Jika sebelum menikah teman adalah prioritas, sekarang ada istri yang harus kamu utamakan daripada teman-temanmu. 

2. Bimbing Dengan Baik

Suami adalah kata lain dari imam yang harus membimbing istri dengan agama yang baik, karena itu merupakan tugas mutlak seorang suami yang tidak bisa ditawar dengan apapun. Jika istri salah kasih tau, dan jika kurang pandai ajari dia dengan menggunakan bahasa yang baik. Jangan membentak apalagi sampai menggunakan kata-kata yang bisa menyakiti hatinya. 

3. Memberi Nafkah 

Sebagai seorang suami sudah seharusnya memberi nafkah yang cukup bagi istrinya, nafkah itu sendiri tidak hanya sebatas uang dapur, melainkan dalam bentuk sandang, pangan dan papan (memberi pakaian, makanan dan rumah).

''Dan mereka (para istri) mempunyai hak diberi rizky dan pakaian (nafkah) yang diwajibkan atas kamu sekalian (wahai para suami).'' (HR Muslim 2137).

4. Menggauli Dengan Baik 

Selain memberi nafkah secara lahir suami juga harus memberi nafkah secara batin, dimana sebagai umat islam yang baik seorang suami dianjurkan untuk menggauli istrinya dengan patut, gak boleh kasar apalagi sampai menyakiti.

''Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.'' (An-Nisa ayat 19)

5. Menjaga Istri

Sekuat apapun wanita dia tetap butuh sosok laki-laki yang bisa memberi perlindungan dan rasa aman. Dan ini merupakan kewajiban seorang laki-laki setelah menikah, yaitu menjaga dan melindungi kehormatan istri. 

6. Lapang Dada

Namanya rumah tangga tidak melulu soal bahagia dan dipenuhi sifat-sifat yang selalu sesuai kehendak hati. Adakalanya rumah tanggamu harus Allah uji, misalnya dengan sifat istri yang cerewat dan cemburu yang berlebihan. 

Untuk itu, sebagai suami harus belajar berlapang dada dan bersabar terhadap masalah-masalah yang mungkin akan menimbulkan kebosanan.

7. Muliakan Keluarga Istri

Setelah semua yang berkaitan dengan keluarga kecilmu sudah ditunaikan dengan baik, ada kewajiban lain yang harus kamu lakukan. Dimana dengan status kamu yang menikahi anak orang harus muliakan keluarga istri, lebih-lebih ibu dan bapaknya. Anggaplah mereka seperti orang tuamu sendiri. 

Meskipun setelah menikah wanita tidak sepenuhnya hak orang tuanya, namun yang namanya anak tetaplah anak yang harus berbakti pada orang tuanya. Jadilah laki-laki yang baik, dan sayangi mertuamu selayaknya orang tua sendiri. InsyaAllah, kelak anak-anakmu akan memperlakukanmu dengan demikian.

Itulah beberapa kewajiban suami yang harus ditunaikan. Semoga kita mendapatkan pasangan yang sama-sama ngerti akan tanggung jawab masing-masing.

Post a Comment for "Jangan Ingkar, 7 Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Islam"