Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Lewatkan, 3 Keistimewaan dan Amalan Malam Nisfu Syaban

Jangan Lewatkan, 3 keistimewaan dan amalan malam nisfu syaban
Images: Pixabay
Bulan sya'ban merupakan salah satu bulan yang istimewa dengan banyaknya kejadian bersejarah yang terjadi dibulan tersebut. Misalnya peristiwa pengalihan arah kiblat dari masjidil aqsha dari palestina ke kak'bah diarab saudi, dengan diangkatnya amalan-amalan manusia manuju langit, dan diturunkannya perintah memperbanyak shalawat dalam surah Al-Ahzab ayat 56, serta surah Al-baqarah ayat 144. 

Dengan banyaknya peristiwa penting dan bersejarah maka tidak heran jika bulan sya'ban disebut bulan mulia. dan dibulan tersebut umat islam dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan yang bisa menambah kedekatan kita dengan Allah, dan menambah kecintaan kita pada baginda Nabi SAW. Berikut ini amalan dan keistimewaan bulan sya'ban.

1. Perbanyak Puasa

Dibulan sya'ban kita sebagai umat islam dianjurkan untuk memperbanyak puasa. Meski bukan kewajiban seperti puasa ramadhan, puasa dibulan sya'ban punya keistimewaannya sendiri, pahala yang didapatkan orang yang puasa sya'ban juga berlimpah-limpah. 

Selain itu, melalui puasa sya'ban Rasulullah memberi satu isyarat kepada kita semua sebelum sampai dibulan ramadhan, mencari bekal yang bisa menguatkan ruh dan kekuatan spiritual kita. 

Dalam salah satu riwayat disebutkan, ketika sahabat Nabi yang bernama Sayyidina Usamah bin Zaid RA. bertanya kepada Rasulullah SAW: ''Aku tidak pernah melihat engkau ya Rasulullah memperbanyak puasa seperti disaat engkau berpuasa di bulan ini'' . Kemudian Nabi SAW menjawab: ''Bulan ini adalah bulan dimana diangkatnya amalan seluruh hamba, dan aku ingin amalanku diangkat dalam keadaan aku berpuasa.''

2. Perbanyak Sholawat

Selain berpuasa kita juga dianjurkan untuk memperbanyak bersholawat pada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW. Selain untuk mandapatkan syafaat, ini merupakan bentuk kerinduan kita kepada beliau. dengan syafaatnya semoga kelak dihari kiamat kita dikumpulan dengan orang-orang yang shaleh dan dijauhi dari hal-hal yang merugi. 

Bahkan anjuran untuk memperbanyak solawat dimalam nisfu sya'ban adalah dengan diturunkannya surat Al-Ahzab ayat 56. Allah Ta'ala berfirman, ''Sesunguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.''

3. Perbanyak Doa dan Istighfar

Sebagai manusia biasa kita tidak pernah lepas dari yang namanya salah dan dosa. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan mohon ampunan kepada Allah dimanapun kita berada. Lebih-lebih dimalam nisfu sya'ban, yang mana dimalam mulia tersebut merupakan waktu sempurna untuk beristighfar dan minta ampunan atas dosa-dosa yang kita lakukan.

Nabi SAW bersabda: ''Sesunguhnya Allah SWT akan memandang hamba-hamba pada malam Nisfu Syaban (yaitu malam ke-15 di bulan syaban), maka Allah ampunkan semua dosa setiap mahluk-Nya kecuali orang yang sedang dalam keadaan musyrik dan Musyahin (yaitu yang senang menyulut api permusuhan)''.

Post a Comment for "Jangan Lewatkan, 3 Keistimewaan dan Amalan Malam Nisfu Syaban"