Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Lahir Batin Menurut Islam

8 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Lahir Batin Menurut Islam
Images: Pixabay
Siapa yang tidak ingin hidup bahagia, semua orang pasti ingin merasakan yang namanya kebahagian dalam hidup. Meski caranya beda-beda setiap manusia pasti punya tujuan yang sama yaitu ingin hidup bahagia. 

Namun, pada hakikatnya untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri tidaklah mudah, kadang ada sedikit usaha yang harus kita lakukan demi mendapatkan kebahagiaan. Dalam islam sudah dijelaskan cara-cara yang biasa kita lakukan untuk mendapatkan kabahagiaan yang sempurna. Berikut ini tips mendapatkan kebahagiaan dalam hidup menurut islam.

1. Bersyukur

Segala sesuatu yang kita terima harus diawali dengan rasa syukur, mulai dari hal yang tidak kita sukai sampai sesuatu yang kita sukai. Jangankan waktu dan hidangan yang kita makan, masih bisa bernafas sampai hari ini itu merupakan nikmat Tuhan yang tiada terkira. Selain itu bersyukur tidak hanya merupakan keharusan, tapi juga bisa mendatangkan kebahagiaan.

''Sesunguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesunguhnya azab-Ku sangat pedih.''

2. Jangan bandingkan Dengan Orang Lain

Setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing, ujian dan nikmat yang dirasakan juga tidak sama. Untuk itu, tidak usah membanding-bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Karena hal yang demikian itu hanya akan merampas kesadaran kita bahwa ada banyak hal yang harus dinikmati dalam hidup ini.

Ingat, kita hidup dibumi yang sama tapi diatas takdir dan nasib yang berbeda. Allah berfirman: ''Janganlah kalian mengharap karunia Allah yang terdapat pada orang lain. (An-Nisa: 32)

3. Lihat Kebawah

Ini juga merupakan cara bijak untuk membahagiakan diri. Lihat keatas untuk memotivasimu, dan lihat kebawah untuk melatih rasa syukur. Jangan hanya fokus melihat keatas. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Lihatlah orang yang ada dibawahmu dan jangan melihat orang yang ada diatasmu, sebab itu lebih baik agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah.'' (Ahmad, Tirmidzi, ibnu Majah)

4. Jangan Lihat Masa Lalu

Terkadang, seseorang terlalu terikat dan belum move on dari masa lalu susah untuk hidup bahagia. Karena itu menandakan hatinya belum siap untuk menyongsong kehidupan yang akan datang. 

Setiap orang punya masa lalu, mulai dari yang membahagiakan sampai yang paling memilukan. Apapun itu biarlah terkubur seiring berjalannya waktu, tidak usah mengungkit apalagi menyesali apa yang sudah terjadi. 

5. Bersangka Baik Kepada Allah

Sekalipun rencanamu tidak sesuai dengan kenyataan yang Allah gariskan, itu bukan berarti Allah jahat. Ia selalu punya maksud baik dari setiap rencana yang dibuatnya. Untuk itu, teruslah bersangka baik. karena sejatinya cuma Allah yang paling paham mana yang terbaik untuk hambanya. 

Allah berfirman: ''Aku selalu menuruti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Apabila ia bersangka baik maka ia akan mendapatkan kebaikan. Adapun bila ia bersangka buruk kepada-ku maka dia akan mendapatkan keburukan.'' (HR. Thabrani dan ibnu Hibban).

6. Ikhlas

Ikhlas juga merupakan cara ampuh untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Apapun yang terjadi baik itu susah atau senang ikhlasin saja semua, dan pasrahkan segalanya pada yang maha mengatur.

''Sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keiklasan hatimu.'' (HR. Muslim).

7. Selalu Ingat Allah

Bagaimana caranya kamu bisa bahagia sementara kamu lupa sama dzat yang maha memberi kabahagiaan. Sibuk dengan urusan duniawi, sehingga ibadahpun sengaja ditinggalkan tanpa merasa sedikitpun penyesalan. 

''Kenali (ingatlah) Allah di waktu senang pasti Allah akan mengenalimu di waktu sempit.'' (HR. Tirmidzi)

8. Taubat

Merasa hidup mentok-mentok saja, dan yang dirasakan cuma kepahitan dan masalah yang datang tumpang tindih. Tidak menutup kemungkinan semua itu disebabkan oleh dosa-dosa yang kamu lakukan. Sebab Dosa membuat hati tidak tenang dan sulit untuk bahagia.

Maka dari itu, segeralah bertaubat untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

Post a Comment for "8 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Lahir Batin Menurut Islam"