Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang Puasa Ramadhan, Tercatat Dalam Al quran

7 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang Puasa Bulan Ramadhan, Tercatat Dalam Al quran
Images: Pixabay
Ramadhan akan segera hadir menyapa, semua umat islam bersuka cita menyambut kedatangan bulan berkah tersebut. Mari, sucikan hati dan jangan sia-siakan kahadirannya. Perbanyak amalan dan minta ampunan pada Allah.

Sebab, selain dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan, bulan Ramadhan menyimpan banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang terdapat didalamnya. 

''Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar Rayyan yang akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti, dan tidak ada yang memasuki malaluinya kecuali mereka.

Dikatakan: ''Mana orang-orang yang berpuasa? Maka mereka berdiri, dan tidak ada yang mamasukinya seorang pun kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu ditutup, dan tidak ada lagi seorangpun yang masuk malaluinya.'' (HR. Bukhari Muslim, At Timidzi, Ibnu Majah)

Dari hadist tersebut bisa dilihat betapa mulianya bulan Ramadhan. Bukan hanya itu saja, masih banyak keistimewaan-keistimewaan lainnya yang membuat umat islam bersyukur bisa punya kesempatan untuk merasakan nikmatnya Ramadhan. Berikut diantaranya:

1. Bulan Ampunan

Jiwa yang penuh noda dan dosa akan kembali suci dengan hadirnya bulan Ramadhan, sebab dibulan tersebut Allah membuka pintu ampunan seluas-luasnya untuk hamba yang yang bersungguh-sungguh ingin kembali.

''Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SAW, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Bulan Penuh Berkah

Bulan Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah atau syahrun mubarak. Sebab tidak hanya berbuat baik, tidurnya orang puasa juga Allah hitung sebagai ibadah.

''Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.'' (HR. Ahmad, An-Nasal dan Al-Baihaqi).

3. Balasan Langsung Dari Allah

Allah akan memberi balasan istimewa pada insan yang sudah dengan ikhlas menjalani puasa semata-mata karena-Nya. 

''Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.'' (HR. Muslim).

4. Mendapatkan 2 Kebahagiaan

Kenapa masih sibuk mencari kebagiaan, sedangkan Allah sudah menjanjikan kebabagiaan pada bulan suci Ramadhan. 

''Bagi yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.'' (HR. Muslim).

5. Makbulnya Doa-doa

Selain dianjurkan untuk melakukan banyak ibadah, dibulan Ramadhan umat islam juga dianjurkan untuk memanjatkan doa. Maka dari itu, ungkapkan saja semua yang menjadi hajatmu, jangan takut tidak dikabulkan. Sebab dibulan tersebut doa-doa akan mudah melangit dan dimakbulkan oleh Allah.

''Sesunguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.'' (HR. Al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah). 

6. Bulan Al-qur'an

Tepatnya malam 24 Ramadhan, terdapat salah satu malam yang disebut-sebut lebih baik dari seribu bulan, atau yang dikenal sebagai malam lailatul qadar. Pasalnya dimalam itu juga diturunkannya kitab suci Al-qur'an. 

''Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)''. (QS. Al-Baqarah: 185)

7. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Bukti kemuliaan bulan suci Ramadhan adalah dengan dibukanya pintu surga seluas-luasnya, ini merupakan kesempatan bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi salah satu penghuninya. Selain itu, pintu-pintu neraka sengaja Allah tutup selama umat muslim menjalani puasa Ramadhan.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: ''Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibukan, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.'' (HR. Bukhari dan Muslim).

Post a Comment for "7 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang Puasa Ramadhan, Tercatat Dalam Al quran"