Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nikmati Saja, 5 Manfaat Dibalik Sakit Menurut Islam

Nikmati Saja, 5 Manfaat Dibalik Sakit Menurut Islam
Images: Pixabay
Setiap manusia yang bernyawa pasti akan mendapatkan ujian masing-masing. Ada yang diuji dengan harta, lingkungan bahkan kesehatan. Saat diuji dengan kesehatan disinilah kesabaran kita benar-benar dilihat, mengingat tidak semua orang sabar ketika diuji dengan kesakitan. 

Namun, sesuai janji Allah bahwa tidak ada suatu kesakitan yang menimpa seseorang kecuali terdapat hikmah didalamnya. Berikut ini hikmah dibalik rasa sakit yang kamu rasakan. 

1. Menghapus Dosa

Meskipun rasanya sangat tidak enak, ketika sakit berusahalah untuk ikhlas dan bersyukur. Sebab, sakit yang kamu rasakan bisa menjadi pengugur dosa-dosa dimasa lalu. 

Nabi SAW bersabda: ''Tidaklah menimpa seseorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit dan kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.'' (HR. Muslim).

2. Ingat Allah

Hal menyakitkan yang justru membuat kita ingat pada Allah lebih baik daripada nikmat yang membuat kita lalai. Nikmatilah sakitmu saat ini, dan ingat bahwa Allah yang memberi kegalanya.

Allah SWT berfirman: ''Dan sesungguhnya kami telah mengutus (para rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya merela memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri, ''(QS al-An'am: 42)

3. Ingat Mati

Ketika sedang sakit seseorang akan lebih sering takut mati. Sebagai orang mukmin kita harus selalu ingat dengan yang namanya kematian, dengan mengingat mati kita akan lebih berhati-hati dalam bertingkah laku dan makin giat melakukan beragai macam kebajikan.

4. Menjauhkan Dari Siksa Api Neraka

Tuhan itu baik, ia tidak akan menimpakan suatu kesakitan tanpa menyelipkan hikmah didalamnya. Termasuk sakit yang kamu alami didunia akan menyelamatkanmu dari panasnya api neraka diakhirat kelak. 

Nabi SAW bersabda: ''Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dari api neraka.'' (HR A-bazzar).

5. Mengukur Tingkat Keimanan

Sakit yang dirasakan bisa jadi pengukur tingkat keimanan seorang hamba. Kuatkah menghadapinya? sabarkah dalam menerimanya? seberapa kuat iman kita bisa dilihat saat Allah memberi ujian yang bertubi-tubi.

Nabi SAW bersabda: ''Betapa mengagumkannya keadaan seorang mukmin, sesungguhnya seluruh perkaranya adalah baik baginya, dan hal tersebut tidak dimiliki kecuali orang yang beriman, saat mendapatkan kesenangan ia bersyukur dan itu baik baginya, sedangkan ia tertimpa kesulitan ia bersabar dan hal itupun baik baginya.'' (HR.Muslim)

Post a Comment for "Nikmati Saja, 5 Manfaat Dibalik Sakit Menurut Islam"