Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Keutamaan dan Manfaat Memelihara Kucing Dalam Islam

7 Keutamaan dan Manfaat Memelihara Kucing Dalam Islam
Images: Pixabay
Selain merupakan hewan kesayangan Nabi SAW, Kucing adalah hewan lucu yang punya keistimewaan tersendiri. Dalam islam kucing termasuk hewan suci yang akan mendatangkan kebaikan bagi siapa saja yang merawat dan berbuat baik padanya.

Kebaikan bagi mereka yang memperlakukannya dengan baik, dan azab bagi mereka yang menyakitinya. 

Nabi SAW bersabda: ''Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada dilantai''. (HR Bukhari). 

Mengenai pahala memelihara kucing, berikut ini keutamaan dan manfaat memelihara kucing dalam islam:

1. Amal Kebaikan

Kucing juga merupakan hewan ciptaan Allah, bahkan di sebut sebagai hewan kesayangan Baginda Nabi SAW. Merawatnya, memberinya makan dan menyediakan tempat tinggal merupakan amalan baik yang akan tercatat. 

Rasululah SAW bersabda: ''Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum dibejana tempat beliau wudha. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu''. (HR Muslim).

2. Mendapat Rahmat Di Hari Kiamat

Tidak hanya sesama manusia, sesama mahluk Tuhan yang lain kita juga dianjurkan untuk selalu berbuat baik. Sebab hal itu juga kita bisa mendapatkan rahmat dihari kiamat kelak. 

''Barang siapa yang menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.'' (HR. Bukhari)

3. Mendapat Ampunan Allah

Ampunan Allah bisa datang kapanpun dan dimanapun kita berada, bahkan dengan berbuat baik kepada mahluk ciptaannya kita akan dapat ampunan. InsyaAllah.

Syeikh Dr. Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitan adabul Mufrod menyebutkan jika setiap muslim memang sudah dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada semua hewan termasuk kucing supaya nantinya mendapat ampunan dari Allah.

4. Timbangan Kebaikan Di Hari Kiamat

Yaumul Mizan atau hari timbangan pasti akan dirasakan setiap insan di hari akhir kelak, dimana semua akan ditimbang berdasarkan berat dan ringannya amalan. Itulah kenapa semua umat islam dianjurkan untuk menumpuk amal kebaikan agar selamat dihari timbangan nanti. 

Salah satu amalan yang akan memberatkan timbangan kebaikan dihari kiamat adalah dengan berbuat baik kepada sesama maluk Tuhan seperti kucing. Jangankan memberi makan, bahkan kotorannya kelak akan ditimbang sebagai kebaikan dihari kiamat.

5. Merupakan Sedekah

Sedekah tidak hanya berupa uang yang kamu keluarkan, dengan hati tulus merawat kucing juga merupakan sedekah yang pahalanya berlimpah-limpah. 

''Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang mananam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia atau binatang, maka baginya sebagai sedekah'' (Bukhori, Muslim).

6. Binatang Suci

Selain tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, kucing merupakan salah satu hewan ciptaan yang Allah yang suci. Bahkan dalam salah satu riwayat kucing disebut lebih bersih daripada manusia. 

Nabi SAW bersabda: ''Kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas sisa makanan, serta air liurnya adalah suci. Air liurnya bahkan bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia. '' (HR Malik)

7. Melatih Kesabaran

Selucu-lucunya kucing ia tetaplah hewan yang tidak memiliki akal sempurna layaknya manusia. Itulah kenapa terkadang tingkahnya sering kali membuat kita jengkel, Seperti memecahkan perabotan rumah, buang hajat sembarangan, mendengkur dan lain sebagainya. 

Dengan tingkahnya tersebut kita bisa melatih kesabaran kita, melatih untuk tetap sabar dan tidak menyakiti mahluk ciptaan Allah yang lain.

Post a Comment for "7 Keutamaan dan Manfaat Memelihara Kucing Dalam Islam"