Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Hanya Uang, Ini 5 Pahala Orang yang Giat Kerja Menurut Islam

Tidak Hanya Uang, Ini 5 Pahala Orang yang Giat Kerja Menurut Islam
Images: Pixabay
Sebagai manusia berakal kita dituntut untuk bekerja guna mengais rezeki dari Allah. Karena meskipun manusia sudah dijamin dengan rezekinya masing-masing tetap aja tidak akan nyampek kalau cuma malas-malasan dan tidak punya inisiatif untuk menjempunya.

Sebenarnya bekerja dengan keras, tulus dan ikhlas tidak hanya memberi keuntungan berupa uang, lebih daripada itu. Pasalnya Allah akan memberi berbagai macam pahala sebagai balasan bagi orang yang rajin bekerja. Berikut diantara:

1. Mendapat Hasil yang Memuaskan

Teruslah bekerja keras dan ikhlas, tidak usah memikirkan hasilnya seperti apa nantinya. Sebab Allah tidak akan mengecewakan orang yang bekerja bersungguh-sungguh. Mereka akan mendapatkan sesuai dengan apa yang mereka usahakan. 

''Dan bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telag diusahakannya, dan bahwasannya usaha itu kelak akan diperlihatkan kepadanya. Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna''. (QS. An-Najm: 39-41).

2. Dekat Dengan Allah

Orang yang niat bekerja dengan tujuan yang baik, sesungguhnya mereka sedang mendekatkan diri kepada Allah. 

Nabi SAW bersabda: ''Apabila dia keluar mencari rezeki karena anaknya yang masih kecil, maka dia di jalan Allah. Apabila dia keluar mencari rezeki karena kedua orang tuanya yang sudah renta, maka dia dijalan Allah. Apabila dia keluar mencari rezeki karena dirinya sendiri supaya terjaga harga dirinya, maka dia di jalan Allah. Apabila dia keluar mencari rezeki karena riya' dan kesombongan, maka dia di jalan setan.'' (Al-Mundziri, At-Targhib wa At-Tarhib). 

3. Mendapat Perlindungan Allah

Bekerja juga bisa disebut jihad untuk orang-orang terdekat, dan Allah akan senantiasa memberi perlindungan pada orang-orang yang berjihad dijalannya. 

''Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.'' - Surat Ankabut ayat (69)

4. Diampuni Dosanya

Tidak hanya mendapat perlindungan dari Allah, lelahnya orang bekerja juga bisa menjadi penggugur dosa-dosa orang tersebut. 

''Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah.'' (HR Ahmad).

5. Sama Dengan Pahala Mujahid

Dengan bekerja dengan keras dan ikhlas kamu sudah mendapatkan pahala layaknya mujahidin tanpa harus berperang lebih dulu.

''Sesunguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (proesional atau ahli). Barang siapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahidin di jalan Allah Azza Wajalla.'' (HR Ahmad).

Post a Comment for "Tidak Hanya Uang, Ini 5 Pahala Orang yang Giat Kerja Menurut Islam"