Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keistimewaan Bulan Rajab dan Amalannya

Images:Pixabay
Selain bulan suci ramadhan, bulan rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam islam. Bukti kemuliaan bulan rajab adalah dengan banyaknya manfaat dan pahala yang dilipat gandakan. Untuk itu, dibulan ini umat islam sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai macam amal kebaikan. 

Berbicara bulan rajab, berikut ini beberapa keistimewaan bulan rajab yang tidak boleh disia-siakan oleh umat islam.  

1. Bulan Taubat

Tidak harus dibulan tertentu, sebenarnya taubat bisa dilakukan kapan dan dimanapun. Namun, terdapat keistimewaan dibulan rajab, yaitu Allah lebih mudah memberi ampunan bagi hamba yang bersunguh-sungguh ingin mendapatkan ampunan.

Untuk itu, perbanyaklah taubat kepada Allah dengan beristighfar dibulan rajab, dan salah satu istighfar yang dianjuran adalah sayyidul istighfar. 

2. Bulan Isra' Mi'raj

Di bulan rajab tepatnya tanggal 27 terjadi peristiwa penting bagi Nabi SAW dan umat islam. Sebab dibulan itu Nabi SAW melakukan perjalanan isra' mi'raj. Perjalanan satu malam dari masjidil haram ke masjidil aqsa kemudian menuju langit ke sidratul muntaha. dan dari perjalanan itulah diperintahkannya shalat lima waktu.

Itulah salah satu alasan kenapa terdapat berbagai macam keutamaan dibulan rajab ini. 

3. Bulan Haram yang Dimuliakan

Ternyata bulan rajab juga disebut sebagai bulan haram, karena pada bulan-bulan Dzulqa'dah, Dzullhijah, Muharram dan rajab umat islam dilarang mengadakan peperangan. 

Bukti kemuliaan bulan rajab juga dilihat dari dilipatgandakan kebaikan yang dilakukan, maka dari itu bulan rajab semua umat islam dianjurkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya. Seperti shalat, puasa, shalawat dan istighfar.

4. Menuju Bulan Ramadhan

Memasuki bulan rajab merupakan bukti bahwa bulan ramadhan sudah didepan mata, maka dari itu isilah bulan ini dengan banyak berdoa agar sampai kebulan ramadhan dalam keadaan sehat dan semangat.

Nabi SAW menganjurkan umat islam untuk berdoa dibulan rajab agar dipertemukan sama bulan ramadhan. ''Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan''. 

5. Semua Amal Dilipat Gandakan

Salah satu keistimewaan bulan rajab dibandingkan bulan lainnya yaitu dilipat gandakan semua amal yang kita perbuat. Baik itu amal kebaikan, dan juga amal keburukan. 

Imam Qatadah mengatakan: ''Perbuatan baik pahalanya dilipatkan pada bulan-bulan haram, begitu juga kezaliman yang dilakukan didalamnya balasannya akan lebih besar dari pada bulan-bulan lainnya sekalipun kezaliman merupakan tindakan yang sangat tercela,.''

Post a Comment for "5 Keistimewaan Bulan Rajab dan Amalannya"