Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ciri-ciri Wanita Calon Penghuni Neraka Beserta Hadisnya

7 Ciri-ciri Wanita Calon Penghuni Neraka Beserta Hadisnya
Images: unsplash.com
Islam sangat memulikan mahluk yang bernama wanita, bahkan saking mulianya sampai surga berada dibawah telapak kakinya. Namun, diantara kemualiaan itu wanita bisa menjadi fitnah paling besar bilamana tidak pandai menjaga diri, dan bertingkah yang pada akhirnya mengundang murka Allah. 

Seperti yang tertulis diberbagai hadis bahwa kebanyak dari penghuni neraka itu adalah dari kaum wanita. Bahkan Rasulullah SAW bersabda: ''Aku melihat ke dalam surga, Maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara' (orang-orang fakir). Dan aku melihat ke dalam neraka, maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita, '' (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu wanita seperti apakah yang akan menjadi penghuni api neraka? Berikut diantaranya:

1. Sengaja Pamer Aurat

Dizaman modern ini banyak sekali wanita yang sengaja pamer aurat, kehilangan rasa malu demi sebuah pengakuan dan followers disosial media. Padahal, aurat merupakan hal penting yang harus dijaga oleh setiap insan, lebih-lebih seorang wanita. Selain dipandang murahan oleh banyak orang, orang gemar umbar aurat juga tidak akan mencium bau surga.

Allah SWT berfirman: ''Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya (aurat), kecuali yang biasa tampak darinya.'' (QS An Nur 30)

2. Tidak Menjaga Diri

Banyak wanita yang lalai dengan pedihnya api neraka, dan merasa bangga setiap kali melakukan dosa yang menurut mereka itu keren. Padahal yang demikian itu hanya membuat surga semakin jauh untuk bisa digapai. 

''Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, perjaganya malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakann apa yang diperintahkannya.'' (Surah At Tahrim ayat 6).

3. Wanita yang Sombong

Sifat sombong adalah hal yang sangat dilarang dalam islam, merasa diri paling baik, dan merasa berhak merendahkan orang lain. Tidak hanya dibenci Allah, orang dengan sifat sombong tidak akan mencium harumnya surga. 

''Tidak akan masuk surga bagi seseorang yang didalam hatinya terdapat sifat sombong meskipun hanya sebesar biji dzarah. Dan tidak akan pula masuk neraka, yaitu seseorang yang didalam hatinya terdapat keimanan meskipun hanya sebesar biji dzarah.''

4. Doyan Gosip

Bukan hal yang asing lagi mendengar wanita bergosib, bahkan saking familiarnya dimana ada perkumpulan wanita disitulah tercipta sebuah gosib. Biasanya gosip yang dibicarakan merupakan hal-hal negatif atau aib orang lain. Tapi ingat, ganjaran bagi orang yang suka bergosip tidak lain adalah api neraka. 

Allah berfirman: ''Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan perasangka (kecurigaan), karena sebagian dari perasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjing satu sama lain. Adakah seseorang diantara kamu yang suka ''memakan daging' saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT maha penerima taubat lagi maha penyayang.'' (Al-Hujurat: 12)

5. Kufur Pada Suami

Ketika suami sudah melakukan yang terbaik untuk membuatmu bahagia. Namun kamu malah tidak bersyukur, bahkan berusaha merendahkan dan tidak melayani suami dengan baik. Wanita seperti inilah nanti yang akan menjadi salah satu penghuni neraka. 

''Dan aku melihat Neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita (perempuan). ''Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya.''

6. Minta Cerai Dengan Alasan Tidak Jelas

Wanita selanjutnya yang tidak akan mencium bau surga adalah wanita yang minta cerai tanpa alasan yang jelas. Yang namanya berumah tangga perselisihan itu wajar terjadi, tapi itu bukan alasan yang tepat untuk kamu tiba-tiba minta cerai.

''Wanita (perempuan) mana saja yang meminta cerai pada suaminya tanpa sebab (yang syar'ie) maka haram baginya mencium wangi syurga.''

7. Berlebihan Dalam Berhias

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik, bahkan mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menunjang penampilannya. Gak ada yang salah dengan berdandan, namun ketika sudah berlebihan juga bukan hal baik apalagi berdandan agar dilihat oleh laki-laki yang bukan muhrimnya. 

''Dan tinggalkanlah kamu di rumah-rumah kamu dan janganlah kamu bertabarruj dengan tabarrujnya orang-orang jahiliyyah pertama dahulu.'' (Surah Al-Ahzab ayat 33).

Itulah beberapa wanita calon penghuni neraka. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung. 

Post a Comment for "7 Ciri-ciri Wanita Calon Penghuni Neraka Beserta Hadisnya"