Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Dosa Besar Paling Dibenci Allah dan Tidak Akan Diampuni

6 Dosa Besar Paling Dibenci Allah dan Tidak Akan Diampuni
Images: Pixabay
Allah itu maha pengampun dan maha belas kasih, Allah akan senantiasa mendengar doa setiap hamba yang bersungguh-sungguh membutuhkan uluran tangannya dan ingin bertaubat. Namun, meskipun Allah itu maha pemaaf, jangan sampai itu kamu jadikan alasan untuk menumpuk dosa sebanyak-banyaknya. 

Sebab, ada jenis dosa besar yang sulit untuk dianpuni oleh Allah, dan Allah sudah menjanjikan azab pedih bagi para pelakukanya. Berikut ini jenis dosa-dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah. 

1. Syirik 

Syirik adalah perbuatan yang menyamakan sesuatu selain Allah, seperti menyekutukan Allah dengan berhala atau mahluk-mahluk ciptaannya. Dan inilah salah satu dosa besar yang tidak akan diampuni.

''Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan dia mengampuni apa (dosa)yang selain (syirik) itu bagi siapa yang dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.'' (QS. An Nisa: 48).

2. Berbuat Zina

Zina adalah perbuatan dimana laki-laki dan perempuan bersetubuh tanpa adanya ikatan pernikahan yang sah, padahal dalam islam ini termasuk dosa besar. Jangankan menjalin kontak fisik, menatap seseorang yang bukan muhrim sudah sangat diharamkan. 

Dalam salah satu hadis Rasulullah SAW bersabda: ''Hendaknya kalian menjauhi perbuatan zina, karena akan empat hal yang merusak, yaitu menghilangkan kewibawaan dan keceriaan wajah, memutuskan rezeki (mengakibatkan kefakiran), mengundang ketukan Allah, dan menyebabkan kekal dalam neraka'' (HR. Thabrani dari ibn Abbas).

3. Memakan Harta Anak Yatim

Dalam islam sangat dilarang bagi siapa saja untuk memakan harta anak yatim, dan sudah dijelaskan pula dalam Al-qur'an azab bagi mereka yang sengaja ingkar terhadap larangan tersebut. 

''Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka),'' (An Nisa:10).

4. Memakan Riba

Riba tidak akan memberimu keuntungan apapun, justru ini merupakan aktivitas yang diharamkan dalam islam dan azab pedih bagi para pelakunya. 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA bahwa Nabi SWA bersabda: ''Sesungguhnya satu dirham yang didapatkan seorang laki-laki dari hasil riba lebih besar dosanya disisi Allah daripada berzina 36 kali.'' (HR Ibnu Abi Dunya). 

5. Membunuh Orang

Membunuh orang dengan sengaja juga merupakan dosa yang sulit untuk diampuni, Allah akan membalasnya dengan mamasukkan para pembunuh kedalam neraka jahanam. 

Allah SWT berfirman, siapa saja yang membunuh seorang Mukmin dengan sengaja, balasannya ialah neraka jahanam. Dia kekal didalamnya. Allah murka kepada dia, mengutuk dia dan menyediakan bagi dia azab yang besar. (An-Nisa'{4}: 93).

6. Durhaka Terhadap Orang Tua

Orang tua merupakan sosok yang selalu berjuang mati-matian supaya melihat anak-anaknya tumbuh dengan baik. Sudah sepantasnya kita menyayangi dan berbakti pada mereka, lebih-lebih seorang ibu. dan azab pedih bagi mereka yang sengaja durhaka pada orang tua.

Itulah beberapa dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "6 Dosa Besar Paling Dibenci Allah dan Tidak Akan Diampuni"