Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Golongan Laki-laki yang Tidak Akan Mencium Bau Surga

4 Golongan Laki-laki Yang Tidak Akan Mencium Bau Surga
Images: Pixabay
Pria dan wanita pada dasarnya sama saja, sama-sama ciptaan Allah SWT. Namun Allah melebihkan kaum pria atas perempuan sehingga kaum pria selaku dijadikan seorang pemimpin yang baik dalam masalah agama maupun keduniaan.

Meski sudah dijelaskan dalam Al-qur'an bahwa kebanyakan penghuni nereka itu mayoritas kaum perempuan, namun bukan berarti kaum laki-laki punya jaminan untuk tidak menjadi penguni didalamnya. Pasalnya ada beberapa golongan kaum laki-laki yang tidak akan mencium bau surga dan akan menjadi penghuni api neraka. Berikut diantaranya.

1. Ayah yang Tidak Bertanggung

Setelah menikah banyak laki-laki yang lepas tanggung jawab terhadap anak-anaknya. Padahal, laki-laki setelah menyandang gelar ayah banyak tanggung jawab yang harus mereka tunaikan.Tidak hanya soal mencari nafkah, tapi juga mendidik anak-anaknya dengan moral dan agama yang baik, lebih-lebih anak perempuan. 

Nabi SAW bersabda: ''Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin, Seorang lelaki adalah pemimpin bagi anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dipimpinnya atas mereka.'' (HR Muslim).

2. Suami yang Zolim 

Ketika seorang wanita menikah dia bukan lagi sepenuhnya tanggung jawab ayahnya, melainkan tanggung jawab suami yang telah mengucap janji suci saat akad pernikahan. Untuk itu, sayangi dia dan jaga amanah yang telah dipercayakan kepadamu. Karena suami yang durhaka dan memperlakukan istrinya dengan buruk tidak akan mencium bau surga.

Allah SWT berfirman, ''Dan bergaullah dengan mereka secara baik, kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, maka bersabarlah karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kepadanya kebaikan yang banyak,'' (QS An-Nisa: 19).

3. Saudara Laki-laki

Tidak hanya seorang ayah, saudara laki-laki juga punya tanggung jawab terhadap kakak dan adik perempuannya. Mengarahkan pada kebaikan, menjegah melakukan sesuatu yang pada akhirnya mengundang murka Allah, salah satunya membuka aurat. 

Untuk itu, jika ada laki-laki yang membiarkan saudara perempuannya melakukan kemungkaran, merekalah golongan yang tidak akan mencium bau surga.

4. Anak Laki-laki

Sampai kapanpun anak laki-laki itu milik ibunya sekalipun dia telah menikah, untuk itu mereka tidak hanya berkewajiban menjaga dan menafkai anak istri, tapi ibu kandung juga. Dan celakalah bagi mereka yang mengingkari tanggung jawab itu. 

Nabi SAW bersabda: ''Seorang laki-laki datang Rasulullah lalu bertanya, Wahai Rasulullah siapa orang yang paling berhak aku pergauli dengan sebaik-baiknya?''Sabdanya, ''Ibumu'' ia lalu bertanya ''Kemudian siapa?''Sabdanya ''Ibumu'' ''Kemudian siapa lagi?''Sabdanya ''Ibumu'', 'Kemdian siapa lagi'', Sabdanya ''Ayahmu'' (HR. Muslim).

Post a Comment for "4 Golongan Laki-laki yang Tidak Akan Mencium Bau Surga"