Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Ciri-ciri Orang Munafik Dalam Islam yang Harus Diwaspadai

6 Ciri-ciri Orang Munafik Dalam Islam yang Harus Diwaspadai
Images: Pixabay

Selain dibenci Allah, sifat munafik juga merupakan penyakit hati yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu, sifat munafik tidak pantas untuk dimiliki oleh siapapun dan latar belakang kepercayaan apapun. 

Namun meski demikian masih banyak orang munafik yang berkeliaran disekeliling kita. Biasanya orang munafik hanya akan menampakkan sisi baiknya saja dibandingkan kebusukannya. 

Untuk itu, Sudah bisa dipastikan orang dengan sifat munafik ini sangat berbahaya dan harus dijauhi. Untuk lebih mawas diri dan berhati-hati. Berikut ini ciri-ciri orang munafik yang harus kamu waspadai.

1. Suka Ingkar Janji

Layaknya hutang, janji sama pentingnya untuk selalu diingat dan jangan sampai mengingkarinya. Orang yang biasa mengingkari janji tidak akan bisa dipegang setiap perkataannya, dan ini termasuk ciri-ciri orang munafik. 

Dalam surat An-Nahl ayat 91 yang artinya: ''Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumah-sumpah (mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.''

2. Khianat

Orang munafik cenderung lebih mudah berkhianat terhadap apa yang sudah menjadi kewajibannya. Selain itu, mereka tidak segan mengingkari apa yang sudah dititipkan alias tidak menjaganya dengan baik.

Dalam QS. An-Nisa ayat 58 Allah berfirman: ''Sesungguhnya Allah menyuruh kalian menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya.''

3. Dusta

Orang munafik kalau berbicara hampir semuanya tidak bisa dipercaya, dan ini sifat yang paling dibenci Allah. Meskipun ada beberapa yang mengatakan berbohong demi kebaikan itu lebih baik, namun yang namanya bohong tetaplah bohong.

Dalam salah satu hadis dijelaskan: ''Tanda orang munafik ada tiga, salah satunya adalah jika berbicara dia dusta.'' (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Malas Beribadah

Orang munafik lebih malas ibadah dan bahkan berani meninggalkan kewajiban kepada Tuhannya. Seperti meninggalkan shalat dan ibadah lainnya. Selain itu, bagi orang munafik shalat merupakan beban dan terasa berat untuk melaksanakannya. 

Nabi SAW bersabda: ''Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat subuh dan shalat Isya'. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.'' (HR. Bukhari no. 657).

5. Riya

Sifat riya masih sering kita temui dilingkungan sekitar, dan sampai sekarang masih banyak sekali yang melakukannya. Orang yang punya sifat riya tidak hanya dibenci manusia, tapi Allah juga sangat benci sifat yang satu ini. Karena selain sengaja menunjukkan kebaikannya, mereka cenderung sombong dengan apa yang dimiliki. 

Dalam QS. Al-Ma'un ayat 4-7 Allah berfirman: ''Maka kecelakanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalat, orang-orang yang berbuat riya, dan engan (menolong dengan) barang berguna, sedikit berzikir.''

6. Sumpah Palsu

Orang munafik gampang mungucap sumpah atas nama Allah, tanpa memikirkan dosa dan akibat yang akan diterima jika sewaktu-waktu sumpah itu dilanggar. 

Dalam Al-qur'an surah Al-Munafiqun ayat 2 dijelaskan: ''Mereka itu menjadikan sumpah sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan.''

Bijaklah dalam memilih pada siapa kita akan percaya. Karena yang kelihatan baik, siapa tau dia itu seorang munafik yang hanya baik didepanmu saja. 

Post a Comment for "6 Ciri-ciri Orang Munafik Dalam Islam yang Harus Diwaspadai"