Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Tips Memilih Calon Suami Menurut Islam dan Hadisnya

Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Tips Memilih Calon Suami Menurut Islam dan Hadisnya
Images: Unsplash.com
Menikah adalah sebuah perjalanan yang tidak hanya dilalui satu atau dua hari, melainkan sebuah perjalanan panjang yang diharapkan berjalan seumur hidup. Untuk itu, jangan sampai salah dalam memilih bersama siapa nantinya kita akan menghabiskan sisa hidup ini.

Menilai calon pasangan dengan sempurna bukan perkara yang mudah, mengingat kita tidak bisa melihat apa yang ada dalam pikiran dan hati seseorang. Tapi, dalam islam Allah sudah memberi ciri-ciri calon suami seperti apa yang pantas untuk kamu pilih. Berikut ciri-ciri laki-laki yang baik dijadikan suami menurut agama islam.

1. Anti Maksiat

Suami yang baik adalah yang mampu menjaga pendangan dan hatinya dari hal-hal yang berbau maksiat. Sebab, jika dirinya anti dengan yang namanya maksiat bukan tidak mungkin dia akan memuliakanmu sebagai istrinya.

Allah Berfirman: ''Hai orang-orang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu: Penjaganya malaikat-malaikat kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintah kepada mereka dan selalu taat pada apa yang diperintahkan.'' (Q.S. At-Tahriim:6).

2. Seagama

Dalam islam sangat dianjurkan untuk memilih pasangan yang satu keyakinan, sebab wanita muslimah hanya bisa menikah dengan laki-laki muslim pula. 

Seperti firman Allah yang tertulis dengan jelas: ''Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu'min lebih baik daripada orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izinnya.'' (Q.S. Al-Baqarah: 221)

3. Senantiasa Menjaga Shalat

Calon suami yang baik ialah yang tau betapa pentingnya shalat. Maka carilah laki-laki yang tidak pernah meninggalkan shalat dan takut jika meninggalkannya. Karena kalau Tuhannya saja ditinggalkan apalagi cuma kamu. 

Dari Ibnu Juraij dia berkata, telah mengabarkan kepadaku Abu az-Zubair bahwa dia mendengar jabir bin Abdullah berkata, ''Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: ''Yang memisahkan antara seorang laki-laki dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.'' (HR. Muslim) {No, 82 Syarh Shahih Muslim}.

4. Punya Sikap Lembut

Tidak semua laki-laki itu baik dan punya sikap lembut, ada sebagian dari mereka yang kasar dan suka main tangan. Untuk itu, pastikan kamu memilih laki-laki yang tegas namun lembut dalam memperlakukan waanita.

Memilih calon pasangan yang memiliki sifat lembut akan membawa keharmonisan dalam rumah tangga. Sebab, suami yang lembut sudah pasti akan memperlakukan istrinya dengan baik.

5. Taat Pada Orang Tuanya

Selain yang punya sikap lembut, laki-laki yang berbakti sama orang tua juga layak kamu pilih. Karena hal ini bisa menunjukkan bagaimana nantinya kepribadian seorang laki-laki setelah berumah tangga denganmu.

Rasulullah SAW bersabda: ''Berbaktilah kepada orang tua kalian, niscaya kelak anak-anak kalian berbakti kepada kalian: dan peliharalah kehormatan (istri-istri orang), niscaya kehormatan istri-istri kalian terpelihara.'' (H.R. Thabrani, adapun ini adalah hadits Hasan).

6. Punya Jiwa Pemimpin

Suami adalah kepala dalam rumah tangga. Oleh karena itu, sebagai laki-laki harus punya jiwa pemimpin.

Sebagaimana yang disyariaatkan dalam islam, bahwa seseorang harus bisa menjadi khalifah minimal untuk dirinya sendiri. Begitupun dalam rumah tangga, jiwa kepemimpinan ini sangat dibutuhkan, karena nantinya seorang suami akan memimpin istri dan anak-anaknya untuk mencapai Ridha Allah SWT.

Post a Comment for "Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Tips Memilih Calon Suami Menurut Islam dan Hadisnya"