Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Bijak Meminta Maaf Kepada Istri Agar Hatinya Luluh

6 Cara Bijak Meminta Maaf Kepada Istri Agar Hatinya Luluh
Images: iStock/Thinkstock
Sebagai suami tentu pernah melakukan yang kesalahan kepada istri, baik yang disengaja atau tidak sengaja. Itu wajar, karena bagaimanapun seorang suami tetaplah manusia biasa yang bisa kapanpun salah dan khilaf. 

Namun, meskipun terlihat wajar jangan itu kamu jadikan alasan untuk terus menyakiti hati pasangan. Sebab, hati wanita kalau sudah terlanjur sakit kata maaf aja tidak cukup untuk membuatnya kembali percaya. Butuh usaha lebih, kesabaran lebih dan butuh cara khusus untuk membuat dia bisa memaafkanmu. Berikut ini tips meminta maaf pada pasangan.

1. Tulus Dari Diri Sendiri

Ketika hendak meminta maaf lakukan dengan hati yang tulus dan murni dari hati sendiri. Meminta maaf dengan tulus menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar punya inisiatif untuk memperbaiki kesalahan yang ada. 

Sebenarnya wanita itu punya insting yang kuat, dia tau mana yang tulus dan mana yang hanya pura-pura. Untuk itu, jangan sekali-kali berbohong demi menipu suasana agar terlihat tulus, karena wanita lebih peka daripada itu. 

2. Akui Kesalahan

Mengakui kesalahan adalah langkah penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan kata maaf. Renungkan kesalahan apa saja yang membuat hati wanitamu terluka, setelah itu akui semuanya. Sejatinya wanita itu pengingat yang ulung, dia akan ingat semua yang telah kamu perbuat cuma kadang mereka lebih memilih diam seolah-olah semuanya baik-baik saja. 

Berani mengakui kesalahan juga pertanda bahwa kamu sosok yang bertanggung jawab, berani berbuat harus berani menanggung resikonya.

3. Tunjukkan Penyesalan

Bukan hanya dengan kata-kata, dalam usaha meminta maaf pada istri usahakan kamu benar-benar menyesal dengan apa yang sudah terjadi.

Kamu sudah merusak kepercayaan yang sudah istrimu bangun, dan bukan perkara yang mudah untuk membangun kepercayaan itu agar kembali utuh. Maka dari itu, kata-kata yang hanya membual tidak akan mampu menyentuh hati yang sudah terlanjur sakit. 

4. Jangan Cari Pembelaan

Meski mulut bilang maaf kadang dalam hati masih ada perasaan tidak puas dan mencari pembenaran dari kesalahan yang sudah terjadi. Perasaan seperti ini akan mempersulit kamu untuk mendapatkan pemaafan. 

Tidak usah mencari pembelaan, terima jika memang salah dan jadikan semua sebagai pelajaran berharga.

5. Rendah Hati

Kerendahan hati memang menjadi poin penting dalam berbagai macam situasi, termasuk dalam usaha meminta maaf pada istri. Butuh kerendahan hati agar tidak mudah marah dan emosi. 

Selain itu, orang yang senantiasa rendah hati lebih memiliki hati yang luas dan tidak merasa paling benar dari yang lain.

6. Meminta Maaf Berulang-ulang

Kadang untuk memaafkan orang yang menyakiti hati itu butuh waktu, tidak bisa hanya dengan sekali bilang maaf semuanya selesai. Begitupun dengan istrimu, ia juga butuh waktu untuk kembali menata hati yang sempat kamu hancurkan. 

Berilah dia waktu, dan selama itu juga kamu terus memperbaiki diri dan jangan menyerah sampai dia dengan sepenuh hati memberimu maaf. 

Post a Comment for "6 Cara Bijak Meminta Maaf Kepada Istri Agar Hatinya Luluh"