Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Mudah Mendidik Agar Anak Nurut Sama Orang Tua

6 Tips Mudah Mendidik Agar Anak Nurut Sama Orang Tua
Images: Theonion 
Salah satu tugas berat orang tua itu adalah mendisiplinkan anak, dan berusaha agar anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang baik dan gampang diatur. Lebih-lebih memasuki usia remaja, dimana semua hal ingin mereka coba. Sekali mereka salah melangkah, hanya penyesalan pada akhirnya.

Diusia ini orang tua dituntut untuk lebih pintar mengarahkan agar anak-anaknya tidak salah melangkah. Berikut tips menasehati anak agar nurut.

 1. Hargai Privasi Anak

Kebanyakan dari orang tua ingin tau semua hal tentang sang anak, dan menganggap urusan anak adalah urusannya juga. Memantau anak memang keharusan, tapi menjaga prifasi mereka jangan kamu abaikan. 

Sebab, seiring bertambahnya usia anak mulai memiliki hal pribadi yang harus disimpan sendiri. Hal seperti ini bukan berarti sudah tidak percaya lagi pada orang tua. Tapi memang ada sesuatu yang tidak bisa dia bagi sama orang lain termasuk orang tua sendiri.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Memasuki usia remaja anak biasanya mulai mengalami gejolak dalam dirinya, mulai dari pubertas hingga percintaan. Dimasa-masa ini mereka butuh sosok yang bisa diajak diskusi dan menjadi pendengar yang baik. Banyak hal yang ingin mereka utarakan atau sekedar menayakan berbagai pertanyaan yang muncul dalam benaknya.

Jadilah kamu pendengar yang baik setiap kali mereka curhat atau menanyakan, tidak harus selalu ngasih solusi, cukup menempatkankan diri sebagai wadah untuk mereka menceritakan banyak hal. 

3. Jangan Suka Menghakimi

Ketika anak berbuat sesuatu yang menurut kamu tidak benar jangan buru-buru menghakimi dengan cara membentak, berkata kasar apalagi main tangan. Itu hanya akan membuat mereka takut dan tidak segan lagi.

Alangkah lebih baiknya kasih tau mereka dengan cara yang benar. Kasih tau apa dampak buruk yang akan didapatkan jika melakukan kesalahan tersebut. 

4. Menjadi Sahabat

Adanya perbedaan sudut pandang antara orang tua dan anak membuat mereka seringkali ada jarak, dan ini yang membuat anak kurang terbuka dan jujur sama orang tuanya. 

Untuk itu, menempatkan diri sebagai sahabat juga merupakan hal penting dilakukan saat mendidik anak. Dimana mereka akan lebih leluasa menceritakan banyak hal, layaknya dia curhat sama sahabat karib sendiri.

5. Jadi Teladan Yang Baik

Saking tingginya harapan untuk memiliki anak yang baik, sampai lupa untuk menjadi teladan yang baik. Jika ingin membuat anak seperti yang kamu harapkan, anda sendiri sebagai orang tua harus bisa mencontohkan hal-hal tersebut. Karena terkadang anak lebih membutuhkan praktik langsung daripada sekedar teori.

Kalau tidak ingin anak punya kepribadian yang buruk jangan contohkan cara melakukannya. 

6. Kasih Tau Informasi Pergaulan

Ketika anak sudah beranjak remaja mereka rentan melihat banyak hal yang terjadi dilingkungan sekitar. Tugas anda sebagai orang tua adalah, memberi tau dan mengedukasi tentang baik-buruknya pergaulan saat ini. Mulai dari seks, rokok, alkohol dan narkoba.

Anda harus berani terjun langsung menyampaikan pada pada anak, jangan sampai mereka dapat informasi dari orang lain yang belum tentu benar adanya.

Post a Comment for "6 Tips Mudah Mendidik Agar Anak Nurut Sama Orang Tua"