Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pertanyaan yang Harus Dihindari Saat Berkenalan Dengan Orang Baru

5 Pertanyaan yang Harus Dihindari Saat Berkenalan Dengan Orang Baru
Images: bosschixnetwork.com
Sudah menjadi hal lumrah saat berinteraksi dengan orang lain akan diselingi dengan ngobrol dan pertanyaan. Lebih-lebih bertemu dengan orang baru, kita tentu penasaran dengan latar belakang dan kehidupannya. 

Namun hati-hati, jangan terlalu asik dan kepo sampai terjebak dalam budaya basi-basi, menanyakan sesuatu yang bersifat pribadi yang pada akhirnya membuat orang tersebut tersinggung. Sebab ada etika yang harus kamu pahami dalam pergaulan.

Berikut Pertanyaan yang harus dihindari saat berkenalan dengan orang baru.

1. Agama

Agama adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan tidak boleh ditanyakan. Kalau mau berteman, berteman aja tanpa usil dan kepo dengan keyakinan orang lain. Pertanyaan seperti itu menempatkanmu seolah-olah akan berteman dengan orang yang beragama tertentu. 

Bertemanlah dengan damai tanpa harus mempermasalahkan keyakinan apa yang dianutnya.

2. Usia

Secara etika menanyakan usia seseorang yang baru kenal sangatlah tidak sopan, karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang beranggapan kalau ukuran kesuksesan bisa dilihat di usia tertentu. 

Kalau masih bingung bagaimana cara menyapanya karena tidak tau umurnya, cukup gunakan sapaan yang sopan. Tidak usah mengungkit tentang usia karena hal itu tidak penting kamu cari tau.

3. Pendapatan Atau Keuangan

Masalah gaji dan keuangan seseorang tidak perlukita tanyakan, selain tidak ada manfaatnya hal ini juga sangat menyinggung perasaan seseorang. Sebab, jaman sekarang status seseorang kebanyakan diukur dari gaji yang didapatkan. Itulah mengapa pertanyaan ini sangat tabu.

Bagi yang gaji besar mungkin akan bangga menjawab pertanyaanmu, tapi bagi yang gajinya kecil akan sangat tidak enak jika ditanya soal gaji.

4. Masalah Keluarga 

Sekalipun keluarga orang tersebut cukup terpadang dan dikenal banyak orang, kita tidak boleh menanyakannya sebelum mereka membahas lebih dulu.

Sebab, masalah keluarga adalah hal privasi yang tidak boleh ditanyakan pada orang yang baru dikenal, apapun alasannya.

5. Ras Dan Suku

Sama hal nya dengan agama, ras dan suku tidak penting untuk kamu tanyakan pada orang yang baru dikenal. Sebab, dua hal ini juga sangat sensitif untuk dibahas apalagi dipertanyakan. 

Jadi, kalau mau kenalan sama orang cukup tanyakan sesuatu yang tidak bersifat pribadi agar tidak menyinggung, dan pertemanan itu sendiri bisa berjalan dengan baik. 

Itulah hal sensitif yang tidak boleh kita tanyakan pada orang yang baru dikenal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam berinteraksi dengan orang baru.


Post a Comment for "5 Pertanyaan yang Harus Dihindari Saat Berkenalan Dengan Orang Baru"