Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berakibat Fatal, 5 Dampak Buruk Jika Sering Pura-pura Bahagia

Berakibat Fatal, 5 Dampak Buruk Jika Sering Pura-pura Bahagia
Images: Pixabay
Untuk tidak membuat orang disekeliling kita khawatir, pura-pura terlihat baik-baik saja padahal kondisi hati sedang kacau dan berantakan seringkali kita lakukan. Rela berkorban perasaan demi melihat orang-orang yang kita cintai terus tersenyum bahagia.

Niat hatimu memang baik. Namun, jika situasi seperti ini terjadi terus menerus akan banyak sekali kerugian yang akan kamu alami. Intinya pura-pura bahagia itu sakit, dan akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan juga orang disekelilingmu. Berikut dampak buruk jika terlalu sering pura-pura bahagia.

1. Kondisi Hati Semakin Buruk

Mungkin kamu pikir pura-pura bahagia akan membantumu menghilangkan rasa sakit yang ada, padahal dengan terus-terusan menipu hati dengan keadaan yang kacau akan semakin memperburuk suasana hatimu. 

Lebih baik jujur saja pada keadaanmu, jangan terus memaksakan diri agar terlihat mampu dihadapan manusia padahal sebenarnya hatimu sedang payah.

2. Berdampak Pada Orang Terdekat

Tidak sedikit orang yang sering pura-pura bahagia karena tidak ingin membuat orang yang mereka cintai khawatir, terus menutup diri agar terlihat baik-baik saja ditengah berbagai masalah yang sedang menghimpitnya. 

Perlu kamu ketahui, tidak seperti itu cara menyayangi seseorang sampai harus mengorbankan diri sendiri terlalu jauh. Orang yang benar-benar perduli, justru akan sedih dan ingin kita hidup bahagia dengan kondisi hati dan fisik dalam keadaan baik.

3. Benar-benar Kehilangan Waktu Untuk Bahagia

Berharap melupakan masalah sejenak dengan cara pura-pura bahagia? Tunggu, jangan-jangan hidupmu benar-benar sudah dihabiskan untuk terus menipu keadaan, sampai terlalu nyaman sehingga lupa bagaimana caranya bahagia yang sesungguhnya.

Jadi, berhenti pura-pura bahagia. Kalau memang harus terjadi, biarlah terjadi. Jujur pada keadaan lebih baik, agar segalanya segera terurai. 

4. Susah Untuk Bersyukur

Dengan terus menipu keadaan dengan cara pura-pura bahagia akan semakin sulit bagi hati untuk bersyukur. Padahal dengan bersyukur setidaknya akan mengurangi beban dalam hati akibat keinginan yang terlalu berlebihan.

Jujurlah pada hatimu sendiri, ini penting untuk kamu lakukan. Tidak apa-apa jika saat ini belum bahagia, masih banyak waktu untuk membenahinya, yang penting jujur aja dulu.

5. Depresi

Dengan terus memendam masalah dan takut untuk meluapkannya, akan sangat berakibat fatal terhadap kesehatan mentalmu. Masalah akan datang bertubi-tubi, yang pada akhirnya membuat kita tertekan dan depresi.

Jangan terus dipendam, cari saja orang yang bisa kamu percaya untuk menceritakan masalahmu, meski menceritakan tidak sepenuhnya menghilangkan masalah, setidaknya beban hatimu sudah sedikit berkurang.



Post a Comment for "Berakibat Fatal, 5 Dampak Buruk Jika Sering Pura-pura Bahagia"